Wisata Pemandian Air Panas Cangar Batu Malang

Idahnya Batu dilihat dari sisi utara - Rute Batu Mojokerto lewat Cangar & Pacet -

Idahnya Batu dilihat dari sisi utara
– Rute Batu Mojokerto lewat Cangar & Pacet –


image

Rute : Lawang ke Cangar

Sampéan seneng jalan-jalan nggak masbro mbaksis?
Kalau seneng, monggo ikuti mblakrak saya ke sebuah tempat yang sejak tahun 80an sering saya kunjungi. Tempat yang dituju sesuai keinginan kawan-kawan adalah Pemandian Air Panas CANGAR. Tau kan masbro? Atau ada yang belum tau? Monggo lanjutkan. Bergerak ke arah Batu baru jam 11. Lha wong mbulet thok teman-teman kerja saya ini 😀 Padahal pinginnya jam 9 pagi, karena takut kalau macet dan hujan. Tapi walaupun begitu, ya berangkat saja 🙂 Seperti biasanya ada beberapa motor yang belum ready, akhirnya terpaksa mampir ke SPBU di barat pabrik Bentoel, termasuk SupraX nyobamoto.com

Usai sholat, narsis dulu, nunggu yang lain

Usai sholat, narsis dulu, nunggu yang lain


Jalan yang kita tempuh adalah melalui Karang Lo – Karang Ploso – Giri Purno – Punten dan naik terus hingga Cangar. Sebelum pertigaan Selecta kita mampir beli perbekalan di salah satu mini mart. Sayang menurut beberapa teman, ada kecurangan disana, meskipun saya tidak merasakan. Karena hal ini baru disampaikan saat kita berhenti di desa Sumber Brantas untuk sholat Duhur terlebih dahulu. Banyak harga yang berbeda antara label dan di struk pembelian. 😦 Masjid yang kita singgahi sangat-sangat bersih. Dengan eksterior dan interior yang tidak kalah dengan masjid-masjid baru di kota, maka saya merekomendasikan sholat disini bila sampéan sedang dalam perjalanan melalui rute ini. Apalagi bagi yang ingin easy riding dan tidak bermacet ria, pasti suka mengambil rute ini.

Usai sholat kami langsung cuzz ke Cangar karena jaraknya yang relatif sudah dekat. Akhirnya sampailah kita di parkiran Pemandian Air Panas Cangar ini. Letaknya di Desa Tulungrejo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Pemandian Cangar sendiri berada di dalam kawasan Taman Hutan Rakyat R. Soerjo. Usai memarkir kendaraan, kita langsung masuk. Cukup dengan tiket yang relatif murah, seharga Rp. 5.500,- kita bisa menikmati hawa sejuk pegunungan di lembah ini sekaligus mencoba hangatnya air panas disini. Menuruni anak tangga setelah pintu masuk, saya hanya berfikir manakala saat kembali. Pasti ngos-ngosan karena tidak pernah olah raga. Diantara turunan terlihat juga permainan baru pelengkap yaitu Cangar Flying Fox. Sayang sedang tidak ingin bergelantungan, sehingga bablas saja ke kolam renang. Disana terlihat sudah cukup penuh dengan orang-orang yang berendam.

Terlihat bahwasanya ada beberapa kolam yang ada di Pemandian Air Panas Cangar ini. Saat kita masuk tadi setelah tangga terakhir, terlihat kolam yang digunakan untuk anak-anak kecil. Sementara bila kita masuk lagi, di sebelah kanan akan ada 2 kolam yang tinggal njegur (masuk kolam) saja. Hangat airnya. Bahkan kalau pertama kali masuk rasa seperti ditusuk-tusuk laiknya kita mengguyur badan dengan air hangat di rumah itu terasa disini. disampingnya mengalir semacam got yang juga air hangat mengalir. Bening juga airnya. Subhanallah. Sungguh Tuhan Maha Pemurah. Kita “dibuatkan” kolam renang air panas yang cukup dipakai ratusan orang dan tidak akan dingin. Sempat terfikir begitu Maha Kayanya Tuhan dengan hal ini. Sementara kita sedang kebingungan untuk harga LPG. Berapa tabung andai ini di rupakan sebagai bak besar untuk orang mandi sebanyak itu?

Tampak juga kolam yang mungkin khusus wanita, karena ditembok setinggi 3 meter kelilingnya. Dibagian utaranya ada kolam untuk orang dewasa. Disini mungkin pure untuk renang, sehingga yang masuk masih harus merogoh uang sebesar Rp. 5.000,- Bahkan khusus kolam ini juga dipagar keliling 😀 Saya sendiri hanya memasukkan kaki saya di aliran air yang relatif hangat/panas tersebut. Bagi yang tidak membawa pakaian renang, juga disediakan persewaan disana. Lumayan lengkap lah fasilitas disana untuk tiket yang seharga itu. Apalagi bagi yang ingin gelantungan, flying fox juga ada.
Sebelum pulang narsis dulu

Sebelum pulang narsis dulu


Beberapa jam tidak terasa disana, sambil menikmati sejuknya udara di Cangar ternyata lapar mendera datang dengan hebatnya (lebay.com) Lha hampir semua merasa lapar, utamanya yang mandi atau kungkum dikolam air hangat tersebut. Terpaksa, mereka mengakhiri aksi main airnya dan bergegas untuk berganti pakaian dan segera undur diri dari Cangar. Apalagi sudah menunjukkan pukul 4 sore lebih.
Nampang dulu nyobamoto.com

Nampang dulu nyobamoto.com


Kita mengambil kembali motor dan langsung menuju warung di skitar hotél W****A. Makan Rawon dan Pecel meski soré terasa lezat saja, karena benar-benar lapar. Usai mengisi perut sudah pukul 5 sore, semua rombongan kabur sendiri-sendiri, ada yang bablas pulang tapi juga ada yang masih main ke alun-alun Batu. Yah segini dulu jalan-jalan singkat saya ke salah satu tempat mbolos sekolah saya tahun 80an :mrgreen: Gimana masbro mbaksis? Sudah pernah kesini? Sering atau malah sama sekali baru dengar tempat ini? Monggo tulisannya ndik bawah…
Makan siang jam setengah 5 soré :D

Makan siang jam setengah 5 soré 😀

pict : milik pribadi
Related Posts

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 4 Januari 2014, in Kota Batu, Wisata and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 55 Komentar.

  1. Mgg kmrn lwt sana pas gk bisa ikut ke cemoro sewu.kq gak yg di bawahnya lg mbah tempAt wisata cangarnya?pas turunan lg setelah plakat

  2. Iku loh mbah potoe pean sing ijenan ndik nisor plakat.menisor maneh arah pacet setelah dalAn mudun kan ono wisata air panas maneh.sing akeh warung2

  3. aku kok durung tau rono yo 🙄

  4. pasangane njenengan mana om?

  5. si thole ora seneng nek mrono, panas jare 😆
    lha wong judul-e pemandian air panas kok…wakakak..
    senenge malah sing banyu adem..

  6. Sudah lama saya gak ke kota Batu, tahun 90-an hampir tiap tahun ke sini. Terakhir pergi tahun 2007, suhunya sudah tidak sedingin tahun 90-an.

    http://lexyleksono.com/2014/01/04/test-ride-yamaha-jupitermx/

  7. buntute yo tetep nakam nakam 😀

  8. Wow mantab mbah wir, hbs berendam lanjut nakam2 apalagi hawane adem 🙂

  9. huwaaa…aku malah durung tau mrene mas,mung krungu2 critane kanca2 😛 😛 😛

  10. puihhh…mantabs..seger_segerrr…

  11. jos mbah….kepingin juga kesana…mampir ahh… 😀

  12. boleh pake bikini ora mbah neng kono?

  13. baru tau saya ato dulu pernah tapi saya lupa /.\ tapi sekarang lagi pingin ke pemandian air panas :3

  14. Kota malang memang memiliki banyak tempat wisata.. wisatawan yg akan berlibur disana pasti ada juga yg kebingungan cari hotel murah di malang.. coba klik link berikut jika ada yg sedang mencari hotel di malang http://dparagon.com/hotel-murah-malang/

  15. mantap kang, beberapa kali ke sini. wisatanya termasuk murah, dan enak ngajak bersama keluarga hehe

  1. Ping-balik: Foto Tempat Wisata Di Batu Malang

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: