Iklan

Langkah-langkah Pendaftaran Online PPDB SMANELA (SMAN 1 Lawang)

Banner Spanduk PPDB SMANELA

Banner Spanduk PPDB SMANELA 2017-2018

Nyobamoto.com – Bro Sis …

Ramadhan kali ini meski dijalani sebagian besar umat muslim, juga ada kegiatan lain yang ternyata tidak kalah menguras perhatian utamanya oleh para orang tua dan secara langsung oleh anak-anak atau siswa lulusan SMP / SLTP yang saat ini akan melanjutkan pendidikannya di bangku SMA / SLTA. Dan untuk wilayah Jawa Timur sendiri Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur juga menggelar beberapa tahapan yang akan dilalui oleh siswa yang ingin masuk pada sekolah idamannya tersebut, tentunya melalui beberapa jalur yang sudah disediakan oleh pemerintah dalam hal ini DinDik Provinsi Jawa Timur.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 01

Langkah pertama : masuk di website : ppdbjatim.net

Untuk kali ini nyobamoto membahas cara atau langkah-langkah untuk peserta didik lulusan SMP yang akan mendaftar ke SMA/SMK di Jawa Timur melalui Jalur Online. Melalui smartphone atau bila ingin lebih nyaman bisa menggunakan laptop atau pc di rumah, dan bila tidak ada juga bisa melalui warnet. Masuk di website Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur melalui alamat : ppdbjatim.net. Selanjutnya di halaman ini pada bagian kiri tengah silakan pilih kota. Dalam contoh ini kita mengansumsikan pendaftar adalah warga dengan KK (Kartu Keluarga) Kabupaten Malang Kecamatan Singosari.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 02 b

Saat ini tunjuk drop down pada menu Pendaftaran

Pada langkah ini, untuk tanggal 5 sampai 22 Juni, setelah peserta mendapatkan PIN diperbolehkan melakukan SIMULASI. Sementara untuk tanggal 3 sampai 6 Juli adalah Jadwal Pendaftaran Online sesungguhnya. Tinggal pilih salah satu menu drop down atau pull down diatas.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 03

Masukkan NoPes UN dan PIN

Pada halaman ini silakan masukkan Nomer Peserta UN anda yang terdapat dalam Kartu Peserta Ujian atau SKHU Sementara. Kemudian lanjutkan masukkan PIN yang telah anda terima dari tempat anda mengambil PIN (di SMANELA). Setelah itu klik saya bukan robot. Dan bila meminta verifikasi berupa gambar chapta, maka ikuti instruksinya. Biasanya meminta klik pada gambar mobil. Setelah selesai klik verifikasi dan kemudian klik Login.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 04

Pilih Sekolah Pertama

Dalam halaman ini, data siswa dengan PIN yang dimasukkan terpampang pada bagian kiri halaman. Sementara sebelah kanan terdapat pilihan Opsi Sekolah dalam Zona yang direkomendasikan sesuai dengan alamat yang tercantum dalam KK. Pilih sekolah pertama yang dipilih, yaitu SMA NEGERI 1 LAWANG dengan cara centang atau klik. Setelah tanda hijau tampil barulah ditombol halaman bawah lanjut ke pilihan kedua.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 05

Pilih Sekolah Kedua

Pada halaman ini kita memilih sekolah kedua. Sebagai contoh andai memilih diluar kabupaten Malang, namun tetap terjangkau yaitu SMAN 1 Purwosari. Tentu hal ini telah dipikirkan mengingat persaingan terhadap sekolah dan Zona berbeda tentu ada konsekwensi kuota tertentu. Sementara bila mengambil dalam kabupaten Malang dan satu Zona dengan SMAN 1 Lawang, yaitu SMAN 1 Singosari. Dengan pilihan tersebut tidak ada kuota selain pagu dari masing-masing sekolah.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 07

Bila dua pilihan sekolah sudah benar, Simpan Permanen

Setelah selesai memilih dua sekolah, berikutnya ada peringatan konfirmasi. Yang isinya bila anda masih ragu, maka bisa klik Belum Yakin dan bisa mengganti pilihan sekolah yang ada. Namun bila sudah yakin maka klik Yakin, Simpan Permanen.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 08

Halaman Peringatan

Cara Pendaftaran Online SMANELA 09

Bila sudah pasti pilihan sekolahnya klik Simpan Permanen

Di halaman ini, bila tadi sudah yakin dengan dua pilihan sekolahnya, maka lanjutkan dengan klik tombol disisi kanan bawah yaitu Simpan Permanen.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 10

Klik OK

Sampai tahap ini semua sudah berhasil, dan untuk selanjutnya siap cetak bukti pilihan dua sekolah tersebut dengan Klik OK.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 11

Cetak Bukti

Langkah terakhir dari seluruh proses daftar online adalah mencetak bukti anda sudah melakukan Daftar Online dan memilih sekolah yang dituju. Dengan tombol Cetak Bukti maka anda akan mendapat hasil print sebagai bukti yang sah dalam proses pendaftaran online. Sedangkan untuk tahap Simulasi atau Latihan Pendaftaran, bukti cetak ini belum hadir atau tampil.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 12

Saat usai klik bukti cetak maka pada mode latihan pendaftaran akan tampil sebagaimana halaman diatas. Dan semua tahapan latihan sudah selesai dilakukan.

Cara Pendaftaran Online SMANELA 13

Halaman Penutup Latihan

Nah, seperti itu brosis, langkah-langkah atau step by step pendaftaran online atau sementara adalah latihan / simulasi pendaftaran online. Untuk latihan ini bisa dilakukan setiap hari setelah menerima PIN sampai dengan tanggal 22 Juni 2017. Namun demikian, kesempatan latihan hanya sekali setiap hari, baru bisa diulang keesokan harinya.

 

Semoga artikel ini membantu bagi yang akan mendaftar SMA di lingkungan Jawa Timur. Yang terpenting pilih dulu secara cermat sekolah yang akan dituju beserta back up atau sekolah cadangan pada pilihan kedua.

 

Pict : Capture from ppdbjatim.net
Email : maswiro@nyobamoto.com
Facebook : Wiro S.Poerwoko
Twitter : @WiroSP
Instagram : maswiro
BBM : 5BA5E67B
WhatsApp : 081333498899

 

 

 

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 8 Juni 2017, in aplikasi, Lawang, Nyobamoto, SMANELA and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: