Iklan

Tips dan Trik Nyobamoto Jaga Rantai dan Gear Motor Bagian 2

wp-image-333296465

Nyobamoto.com – Bro Sis …

Sebagaimana artikel sebelumnya yang membahas masalah tips dan trik menjaga kondisi rantai dan gear pada motor sport dan cup, maka kali ini adalah lanjutan dari artikel tersebut. Dimana selain memberi pelumas terhadap rantai dan gear juga ternyata tidak lupa dengan kondisi rantai dan gear yaitu setigan kekencangan atau bentangan rantai yang pada motor sport dan cup berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke roda. Nah disini juga ternyata butuh perhatian yang sejatinya cukup simpel dan tidak menghabiskan waktu, namun ternyata sering terlupa.

 

Persiapkan semua tool untuk setel rantai


Buka / putar ke kiri baut as


Tahan / putar kekiri as baut roda

Melakukan seting bentangan atau kekencangan rantai ini bisa dilakukan sebelum atau sesudah melakukan pemberian pelumas pada rantai dan gear. Akan lebih baik dilakukan terpisah tahapannya. Nah urut-urutan seting kekencangan versi Nyobamoto adalah seperti ini :

  1. Standarkan motor dengan baik dan roda belakang terangkat.
  2. Putar roda belakang (cukup dengan tangan) dan perhatikan kondisi rantai.
  3. Bila mengayun atau terlihat kendor, hentikan dan kemudian ukur jarak antara kendor dan kencang.
  4. Nah bila terlihat kendur, mulai buka baut dan mur as roda belakang. (siapkan kunci pas sesuai motornya, apakah sport atau cub).
  5. Buka baut dan mur hingga as roda belakang bisa bergerak bebas, kemudian mulai kencangkan dengan cara putar baut 10 pada arm belakang.
  6. Ingat… baut bersisi 6 sudut, maka putarannya harus sama untuk kiri dan kanan, sehinggga ban akan tetap lurus dan tidak miring ke-kiri atau kanan.
  7. Juga perhatikan gear utamanya yang belakang, apakah masih baik (tumpul) atau sudah rusak (runcing).
  8. Jarak maksimal rantai tegang dan kendor hanya 2,5 sampai 3,5 cm. Lebih dari itu harus distel dan bila parah / rusak lebih baik diganti.

 

Ukur posisi awal rantai


Ukur posisi normal dan pas saat kendur


Putar kekanan untuk mengencangkan


Putar sesuai kebutuhan


Nah tentunya dengan pengaturan seperti yang dilakukan nyobamoto ini, sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri tanpa harus dilakukan oleh bengkel atau AHASS. Kecuali brosis sedang sibuk maka bisa saja membawa motor kesayangan ke AHASS. Maka rawat dengan tulus, sabar dan kontinyu sehingga motor kesayangan brosis lebih awet dari pada sekedar digunakan tanpa perawatan. Apalagi hari akhir-akhir ini hujan hampir tiap hari, sehingga perhatian kita akan cukup membuat motor kita selalu ready diguakan.

 

Pict : dokumen nyobamoto.com
Re-touch : nyobamoto.com
Email : maswiro@nyobamoto.com
Facebook : Wiro S.Poerwoko
Twitter : @WiroSP
Instagram : maswiro
BBM : 5BA5E67B
WhatsApp : 081333498899

 

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 30 November 2017, in Maisibi, Tips & Trik and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: