Iklan

Tips dan Trik Nyobamoto Jaga Rantai dan Gear Motor Bagian 1

Nyobamoto gunakan Chain Lube milik AHM

Nyobamoto.com – Bro Sis …

Diantara semua part pada kendaraan roda dua yang sering kali kita perhatikan, kita rawat, bahkan sering kali sedikit kotor langsung dicuci atau minimal di-lap. Nah semua itu hanya punya satu tujuan bila motor kita lebih siap dan indah saat dipandang. Namun dari semua hal diatas kadang  kita lupa pada bagian lain yang menurut nyobamoto juga patut mendapat perhatian ekstra. Di motor roda dua sport dan bebek biasanya kita tahu adanya rantai yang menggerakkan roda belakang dari hasil kerja mesin. Nah bahasan nyobamoto kali ini adalah tips dan trik ringan ala nyobamoto dalam menjaga keawetan rantai motor. Kali ini sebagai contoh adalah MAISIBI yang memang sebagai penopang atau kuda untuk beraktifitas sehari-hari.

Rantai mulai kering, menimbulkan suara berisik

Secara berkala meski kita kadang malas tetap harus meluangkan waktu untuk hal kecil ini. Ikuti step by step yang biasa nyobamoto lakukan dalam merawat rantai sebagaimana berikut ini :

Mulai semprot pelan dan merata

  1. Cuci motor anda sebagaimana biasanya (pakai shampoo motor), namun tambah sedikit perhatian dengan membersihkan rantai motor. Bisa gunakan kuas atau sikat gigi bekas yang tidak terpakai.
  2. Setelah bersih keringkan motor sebagaimana biasa sekitar setengah hingga satu jam. Utamanya pada rantai benar-benar tidak ada lagi air cucian dan sabun yang tersisa.
  3. Gunakan Chain Lube yang bisa dibeli di toko-toko tertentu atau bengkel motor untuk melumasi rantai motor.
  4. Akan lebih mudah dilakukan bila setelah di-standart tengah, kemudian motor dihidupkan dan dijalankan dengan presneling satu. Biarkan sesuai putaran mesin stationer saja.
  5. Tak usah buru-buru saat menyemprotkan cairan Chain Lube pada rantai. Ratakan secara baik melalui lubang pipa bawaan saat beli utamanya pada as-as rantai dan gigi gear. Lakukan secara menyeluruh sampai rantai terbasahi semua.
  6. Bila sudah selesai, biarkan rantai roda tersebut berputar hingga setidaknya lima menit. Hal ini harus dilakukan agar sisa cairan tidak terlontar atau nyiprat saat digunakan motornya. Sehingga velg motor akan bersih dan motor tetap terlihat bersih secara keseluruhan.

Jalankan presneling satu, memudahkan tanpa memutar ban

Selain pin / as rantai juga ujung gear

    Sangat mudah bukan untuk melumasi rantai secara baik dan benar. Sekedar saran, lakukan hal ini pada waktu luang seperti hari Minggu yang tidak terlalu diburu waktu segera berangkat kerja. Selesai. Dan silakan coba jalan muter-muter dan dengarkan, jadi senyap tak berbunyi pada rantai dan gear dibanding saat kering rantainya.

    Nah semoga hal ini benar membantu brosis merawat rantai baik motor sport atau cub. Tunggu artikel berikutnya…


     

    Pict : from PR MPM
    Re-touch : nyobamoto.com
    Email : maswiro@nyobamoto.com
    Facebook : Wiro S.Poerwoko
    Twitter : @WiroSP
    Instagram : maswiro
    BBM : 5BA5E67B
    WhatsApp : 081333498899

    Iklan

    About Mas Wiro

    Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

    Posted on 23 November 2017, in AHM, CBR150r, Maisibi and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

    Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: