Iklan

Tips dan Trik Gunakan Motor Kopling Layaknya MAISIBI Saat Bermain di Lautan Pasir Bromo

CB150R_Bromo 13

Nyobamoto.com – Bro Sis …

Banyak kita baca di beberapa media online atau artikel beberapa blog dari rekan-rekan kita bahwa saat perjalanan ke BTS atau Bromo Tengger Semeru yang memang di lingkungan gunung Bromo Pasuruan sana, banyak dikabarkan dan sering terjadi kesialan yang disebabkan dari kurang terasahnya skill dari biker atau rider yang mengendarai motor tersebut. Dan yang bermasalah dalam hal ini adalah motor-motor sport atau motor yang menggunakan kopling. Ada saja cerita “memilukan” dari beberapa kesalahan yang dilakukan biker disana sehingga motor yang relatif baru bahkan harus menyerah, tidak dapat melanjutkan perjalanan dan bahkan harus di-gendong ke bengkel yang letaknya jelas tidak dekat.

wpid-Wiro-with-CS1-e.jpg

Honda CS1 dan nyobamoto.com di Penanjakan Bromo

Nah disinilah nyobamoto mencoba membagi tips dan trik kepada para rekan biker yang kebetulan punya kegemaran sama dengan nyobamoto yaitu jalan-jalan ke Bromo. Maaf… bukan bermaksud menggurui karena nyobamoto lebih pintar… Tidak bro sis. Ini hanya sekedar berbagi saja… semoga apa yang nyobamoto bagikan disini bisa membantu dan tidak membuat kita jera atau kapok untuk bermain ke Bromo dengan kendaraan tersayang kita.

DSC_1885

Honda CS1 di depan Gunung Batok – Lautan Pasir

Sedikit saya sampaikan…
nyobamoto mengendarai motor ber-kopling sekitar tahun 1984. Saat itu menggunakan Honda CG110N (bukan CB lho). Nah saat itu orang tua atau ayah menyampaikan bahwa dianggap bagus atau berhasil bila bisa mengendarai motor CG110N ini tidak mati karena harus benar menggunakan clutch atau koplingnya. Nah ilmu ini yang menjadi bekal nyobamoto hingga saat ini. Nah untuk itulah sampai saat ini berkali-kali main ke Lautan Pasir Bromo menjadi santai dan alhamdulillah.. tidak pernah ada masalah termasuk dengan kopling yang gosong sebagaimana banyak kejadian.

Nah berikut ini khusus untuk medan off road seperti yang biasa nyobamoto lakukan, utamanya saat melibas Lautan Pasir Bromo… begitu turun dari turunan Penanjakan masuk lautan pasir…

  1. Langsung kurangi tekanan ban motor brosis. Meski diisi udara biasa atau nitrogen, jangan memaksa tetap keras sebagaimana kita melintas di aspal. Ini berbeda sekali. Dengan mengurangi tekanan ban maka tapak ban mengenai area pasir semakin luas atau lebar. Hal ini cukup membantu saat kita melintasi Lautan Pasir yang sangat panjang tersebut.
  2. Jangan terlalu memaksa mesin motor terlalu teriak. Dalam artian ketika ban terjebak pasir maka jangan hanya memaksa mesin berputar dan memaksa memainkan kopling terlalu over. Bisa jadi cukup dengan menggoyang arah motor dan sedikit kedua kaki membantu pergerakan akan lepas dari jebakan pasir.
  3. Alangkah lebih “mudah” kalau ke Lautan Pasir Bromo pada waktu musim hujan. Karena pasir akan lebih padat dan tidak mudah motor meliak-liuk karena pasir yang tidak menggumpal. Sehingga riding akan lebih muda dalam kondisi seperti itu.

Nah… itu brosis hasil pengalaman nyobamoto. Dan untuk kasus Lautan Pasir Bromo, jangan samakan skill kita dengan penduduk Tengger atau masyarakat Bromo yang memang tiap hari melintasi Lautan Pasir ini. Mereka bahkan biasa ngebut di lautan pasir dengan membawa gerobak bakso atau pangsit mie. Jadi ada baiknya meski kita lihai dan khatam dengan berkendara di jalan aspal, lebih baik kita Lebih Sopan dan Tidak Pamer Cara Berkendara kita.

Semoga tips dan trik sederhana ala nyobamoto ini membantu. Dan sekali lagi tidak ada niatan untuk menggurui brosis semua. CU di Lautan Pasir Bromo..

 

Pict : dokumen pribadi nyobamoto
Email : maswiro@nyobamoto.com
Facebook : Wiro S.Poerwoko
Twitter : @WiroSP
Instagram : maswiro
BBM : 5BA5E67B
WhatsApp : 081333498899

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 26 Oktober 2017, in Lautan Pasir Bromo, Tips & Trik, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. wah mantap mas tipsnya, semoga saya bisa kesana suatu saat nanti hehe

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: