Iklan

Gunakan Safety Gear Yang Layak Untuk Lindungi Tubuh Anda

Logo CariAman_fixbanget

 

Nyobamoto.com – Bro Sis …

Dewasa ini memang kesadaran akan penggunaan piranti standar keselamatan relatif berkembang semakin baik. Hal ini tentu tidak lepas dari makin massive-nya semua pihak selaku pengguna alat keselamatan itu sendiri. Berbagai campaign yang dilakukan salah satunya oleh AHM beserta main dealer MPM yang tidak bosan dan lelah untuk mengedukasi seluruh lapisan masyarakat terlihat sedikit mulai berhasil. Memang tidak dapat dipungkiri bahwasnya beberapa pihak masih banyak yang mengabaikan piranti standar keselamatan, namun pada sisi lain juga makin banyak yang sadar dengan pentingnya #cari_aman dengan selalu menggunakan safety gear yang baik.

1. Helm

Dimotor sendiri memang yang paling utama harus dilindungi adalah kepala. Tak ada garansi dan toko untuk sebuah kepala yang mengalami kecelakaan bila organ paling vital ini tidak terlindungi. Bahkan penggunaan helm tidak hanya sekedar ada, melainkan juga diupayakan kualitas pelindung kepala yang cukup baik serta penggunaannya yang benar. Dimana sesuai kaidah adalah dikaitkan hingga berbunyi klik adalah pokok utama dari penggunaan helm itu sendiri. Akan sangat baik bila helm juga punya standar keamanan yang baik dan kita juga tidak melupakan masa kadaluarsa sebuah helm dalam melindungi kepala kita. Dalam kondisi standar biasanya usia helm berkisar pada 4-5 tahun saja. Lebih dari itu sebaiknya diganti dengan helm baru.

2. Jaket

Tidak hanya sekedar alat fashion yang kita kenakan, melainkan diupayakan juga berfungsi sebagai pelindung dari tubuh kita. Untuk sebuah perjalanan yang relatif jauh dan lama ada baiknya bukan sekedar sweater atau jumper. Kalau bisa benar-benar jaket yang ada protector-nya. Dengan ketebalan yang relatif tidak panas namun mampu untuk menahan angin serta mampu menahan gesekan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti terjatuh saat berkendara. Tidak sekedar nyaman namun juga aman saat digunakan riding apalagi jarak yang ditempuh cukup jauh.

3. Glove / Sarung Tangan

Saat riding menggunakan sarung tangan seringkali ada beberapa yang beralasan gerah atau hanya jalan sebentar dan dekat. Padahal penggunaan glove dewasa ini sangat menguntungkan sekali. Dimana pertama akan melindungi kulit tangan kita dari pancaran sinar matahari, sehingga tidak perlu sampai gosong terbakar. Selain itu penggunaan glove juga pelindung yang sangat bagus manakala terjadi accident dan kita terjatuh ke-aspal. Tentu benturan dan gesekan pertama tidak langsung mengenai kulit tangan kita. Hal inilah fungsi utama dari glove yang kita pakai.

4. Sepatu

Sepatu juga harus diperhatikan. Bukan melulu karena harganya yang mahal, namun juga fungsinya saat digunakan untuk riding. Banyak sekali biker mampu membeli sepatu dengan harga relatif mahal. Namun saat ada turun hujan sepatu tersebut dilepas kemudian dimasukkan kantong plastik dan lanjut riding. Sementara kakinya dibiarkan terbuka tanpa adanya pelindung apapun. Ini adalah sebuah kesalahan yang cukup fatal, dimana lebih mementingkan sepatu yang harganya hanya beberapa ratus ribu dibandingkan dengan harga kaki yang sangat sulit sekali kita gantikan bila terjadi sesuatu dijalan. Sehingga seharusnya kita juga mengantisipasi penggunaan sepatu yang tetap bisa digunakan untuk melindungi kaki kita saat riding dalam kondisi hujan.

 

5. Celana Panjang

Saat turing atau riding jarak menengah atau jauh, sangat lebih baik menggunakan celana panjang, bukan celana pendek atau sarung. Celana panjang ini sangat membantu kenyamanan kita dalam berkendara dan sudah barang tentu adalah melindungi kulit kita dari berbagai hal yang tidak kita kehendaki. Entah karena teriknya sinar matahari ataupun karena gesekan akibat terjatuh. Tentu degan menggunakan celana panjang akan lebih terlindungi kaki kita.

 
Nah kesemua hal diatas bila sudah kita lakukan dengan benar, maka #cari_aman berikutnya adalah tentu saat berkendara sesuai kaidah berkendara yang benar dan juga mematuhi segala rambu-rambu lalu lintas. Tidak hanya sekedar punya SIM, namun mematuhi semua rambu lalu lintas justru sangatlah penting dalam upaya #cari_aman. Nah semoga sedikit pengingat ini mampu untuk kita laksanakan dalam kegiatan berkendara kita. Karena kita mulai dari diri kita sendiri baru kepada orang lain disekitar kita. Salam #cari_aman

 

Pict : IG MPM dan Google
Email : maswiro@nyobamoto.com
Facebook : Wiro S.Poerwoko
Twitter : @WiroSP
Instagram : maswiro
BBM : 5BA5E67B
WhatsApp : 081333498899

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 10 Oktober 2017, in #cari_aman, Safety, Safety Riding and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: