Iklan

Mampukah Tanpa Winglet Honda RC213V Melawan Yamaha YZR-M1 dengan Winglet Tersembunyi ?

winglet-tersembunyi-di-m1-rossi

Nyobamoto.com – Bro Sis …

Seperti sampean ketahui, bahwasanya untuk musim balap 2017 ini Dorna Sport selaku operator balapan motoGP melarang keras adanya winglets, yang tahun lalu terpasang pada hampir semua motor-motor balap di kelas motoGP. Namun dengan alasan keamanan akhirnya tahun ini dilarang, dan semua tim yang sudah terlanjur menggunakan atau memasang winglet sebagai senjata andalan dalam meredam motor prototype ini harus putar otak untuk menyiasati dihilangkannya winglet dari bodi atau firing motor mereka.

winglet-tersembunyi-pada-yamaha-m1

Hidden winglets pada M1

Karena sudah dilarang tersebut semua pabrikan mencari akal untuk tetap mendapatkan down force dari motor mereka namun tanpa winglet yang dilarang. Salah satu tim yang sudah menggunakan dan menyisati aturan ini adalah tim Movistar Yamaha yang sudah menerapkan winglet tersembunyi atau hidden winglets  pada M1. Seperti gambar-gambar diatas, bahwasanya insinyur Yamaha telah memasang sekat didalam firing bodi M1 sehingga pada posisi tersebut agak menggembung.

Tanpa winglets

Dan komisioner Dorna Sport-pun mengatakan bahwa winglet di dalam tersebut legal dan tidak melawan aturan. Sehingga performanya langsung bisa dicari oleh kedua pembalapnya yaitu Valentino Rossi dan Maverick Vinales. Dan istimewanya, Maverick Vinales selalu tampil kompetitif dalam mencatatkan waktu. Sehingga pada hari terakhir atau penutupan tes Sepang Vinales menjadi tercepat dengan catatan waktu yang cukup fantastis. Pertanyaannya… mampukah motor-motor lain mengejar kecepatan dari M1 yang sudah ber-winglet?

Kalau kita lihat pada latihan resmi Sepang kemarin Honda RC213V dan Ducati GP17 sementara belum menggunakan winglet model akal-akalan atau menyiasati aturan tersebut. Mampukah mereka menyaingi motor Duo Movistar Yamaha ? Atau di Philips Island nanti baik Honda, Ducati dan Suzuki akan menggunakan winglet ? Haruskah mereka meniru cara Yamaha dalam menaruh winglet tersembunyi ? Kita tunggu di Philips Island dan Losail Qatar.

 

Pict : from Google
Email : maswiro@nyobamoto.com
Facebook : Wiro S.Poerwoko
Twitter : @WiroSP
Instagram : maswiro
BBM : 5BA5E67B
WhatsApp : +6281333498899

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 8 Februari 2017, in motoGP, Uncategorized and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: