Iklan

Ban Nirkabel Canggih MotoGP dari Michelin, Terpasang Chip Untuk Informasi Ke Crew dan Panitia Balapan

Michelin Tyre logo, British MotoGP 2007

Ban Michellin

Nyobamoto.com – Bro Sis …

Dorna dan FIM sudah memutuskan menghapus ban intermediate dala gelaran motoGP musim depan atau 2017 seperti disini. Nah selain itu juga ada keputusan baru yang akan ditetapkan dan harus dilaksanakan oleh Michelin selaku pemasok tunggal ban untuk motoGP. Yaitu ban musim depan akan makin canggih brosis, tidak hanya tanda warna pada tepi atau sisi dari ban seperti yang selama ini kita ketahui, melainkan juga akan ada chip yang tertanam pada ban, sehingga dapat diketahui lebih cepat oleh siapapun yang memerlukannya.

ban-baru-michelin-menggunakan-teknologi-nirkabel

Ban baru Michelin dengan teknologi nirkabel

Seperti apakah itu ?

Sepintas atau secara garis besar, tentu teknologi yang ditanam pada ban Michelin terbaru ini berfungsi membantu untuk meraih keputusan yang diambil. Karena secara kerjanya informasi kondisi ban dimasukkan ke ECU yang sudah terpadu dan diarahkan ke sistem waktu di trek yang kemudian melaporkan melalui perangkat lunak.

Kurang lebih seperti itu brosis, mungkin beberapa saat lagi cara kerjanya akan dikupas tuntas oleh pihak Michelin atau Dorna beberapa saat lagi setelah semua hal dicoba dan diterapkan pada pebalap-pebalap yang berlaga.

 

Kalaupun ada kelebihan tentunya juga ada kelemahan brosis. Sistem baru ini terlihat lebih terbuka, dalam arti semua orang akan tahu. Baik itu crew pembalap melainkan juga untuk race control dan juga penonton, karena informasi akan update dan online. Sehingga bila dulu kita tidak bisa menebak ban yang digunakan manakala ban sedang ditutup oleh sejumlah crew dan tire warmer sekarang sudah tidak lagi, karena meskipun ditutup ban tersebut akan mengirimkan informasi.

 

Hal yang paling penting adalah demi alasan safety dan terutama bila balapan harus menggunakan flag to flag sehingga semua segera dapat mengambil keputusan untuk penggunaan ban yang tepat pada race yang seperti ini. Nah looo…semua terkontrol jadinya brosis… seru nggak balapan macam begini ini ?

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 27 Desember 2016, in Uncategorized and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 6 Komentar.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: