Iklan

Sayangi Ginjal Sampean Dan Jangan Asal Minum Air Yang Menyegarkan

soft-drink

Nyobamoto.com – Bro Sis …

Hampir dua bulan saya absen tidak mengisi artikel pada blog kecil ini. Bukan karena kesibukan atau sesuatu yang lain, tapi karena memang tidak bisa untuk menemui sampean semuanya. Ini dikarenakan saya harus meringkuk di RS karena ada sesuatu pada tubuh saya yang tidak normal. Selain karena kesibukan kerja dan beberapa hal lain saya merasakan tubuh saya yang semakin lemah dan lemas, tidak ada atau berkurang nafsu makan dan bobot tubuh yang menurun. Hingga suatu saat saya terdeteksi Ureum dan Kreatinin yang tinggi. Akhirnya saya harus dirujuk masuk RS karena memang saat parah ternyata saya tidak bisa menghirup bau masakan atau apapun, sehingga setiap makan atau minum pasti beberapa saat kemudian langsung muntah.

Saat menjalani HD / Cuci Darah


Dengan kondisi itu bobot badan saya semakin turun. Akhirnya jelas melalui rujukan ke rumah sakit Saiful Anwar di Malang saya di-diagnosa menurunnya Fungsi Ginjal. Heemm… ini adalah penyakit kambuhan yang terjadi lima tahun yang lalu. Sekedar flash back…saya dulu 5 tahun ke belakang yang lalu memang salah dalam mengkonsumsi minuman. Sering kali saya meminum-minuman yang justru pada akhirnya merusak ginjal saya. Saat turing pasti ketika istirahat di mini market selalu membeli soft drink. Saat santai dan nongkrong kadang juga minum soft drink. Sementara saat menangani pekerjaan ekstra seringkali beberapa minuman energi sering saya konsumsi. Mungkin saya termakan iklan yang sangat massive itu, sehingga sering minum seperti itu dan celakanya prosentase minum air putihnya sangat kurang.

 

Mencapai parahnya 5 tahun yang lalu saya sampai harus menjalani operasi URS untuk menghancurkan batu yang ada di ginjal saya yang sebesar 7cm. Padahal ginjal manusia (katanya) hanya 9-10cm. Usai operasi URS saya juga lanjut operasi ESWL (laser). Setelahnya saya bisa beraktifitas lagi seperti biasanya, namun 2 bulan kemudian ternyata batu muncul lagi di ginjal saya sehingga terpaksa ginjal saya dibedah untuk mengeluarkan batu yang kecil sebesar isi buah kelengkeng. Usai itu saya wajib mengurangi bahkan menghilangkan kebiasaan buruk mengkonsumsi minuman-minuman tidak menyehatkan macam soft drink dan juga beberapa merk minuman berenergi.

 

Namun ternyata 5 tahun kemudian yaitu 2016, saya terpaksa harus merasakan kambuhnya sakit yang menyerang ginjal dan dinyatakan menurunnya fungsi ginjal sehingga Ureum dan Kreatinin selalu tinggi. Saya terpaksa harus melakoni HD atau Cuci Darah sebanyak 7 kali  sebelum akhirnya perut saya dioperasi untuk dipasangi transfer set sebagai pengganti HD, karena saya menggunakan CAPD untuk perawatan dan melanjutkan tugas ginjal saya.

 

Nah, dengan sudah terpasangnya selang tersebut akhirnya pola hidup dan kegiatan saya sehari-hari berubah total. Saya harus menjalani pergantian cairan dalam sehari sebanyak 4 kali sesuai jadwal yang ditentukan. Ini solusi paling menguntungkan buat saya pribadi agar tidak selalu mengunjungi rumah sakit secara terjadwal seperti 2 minggu sekali yg sekali kunjungan bisa menghabiskan waktu 6-8 jam. Tapi kekurangannya adalah aktifitas kemanapun harus membawa cairan untuk pergantian secara terjadwal itu. Bisa dibayangkan kalau pergi satu hari saja sudah akan membawa cairan sebanyak 4 ampul. 🙂

 

Jadi pelajaran dan hikmah yang saya ambil…

Saya menjauhi semua minuman yang disebut dengan soft drink dan juga semua minuman berenergi apapun judul atau merknya. Karena ternyata itulah yang paling mengganggu ginjal saya sehingga di usia saya sekarang saya harus kerepotan dengan efek dari sakit ginjal tersebut.

Untuk brosis…semoga cerita saya diatas menginspirasi dan membuat semuanya bisa menjauhi atau mengurangi konsumsi minuman-minuman tersebut. Air putih adalah minuman terbaik untuk tubuh kita, apalagi bila air putih dari rebusan air sendiri. Sangat menyehatkan… Tak ada yang terlambat bila mau berubah saat ini…daripada harus menanggung yang tidak kita kehendaki 😦

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 9 November 2016, in Batu Ginjal, Kateter, Kesehatan and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 30 Komentar.

  1. Terima kasih artikelnya bermanfaat banget mbah, semoga sampeyan segera diberi kesehatan, segera diangkat penyakitnya oleh YME, amin

  2. alhamdulillah sudah sehat mas ya… ngeri juga, semoga dijauhkan dari hal-hal seperti itu.. aamiin

  3. semoga menjadi pembelajaran bagi yang lain, semoga sampeyan segera pulih seperti sediakala sam.. aamiin

  4. Thanks sharingnya mas wiro. Semoga lekas sembuh..

  5. Artikelnya sangat menginspirasi pak. Yo wes mulai saiki aku kapok minum minuman lembut maupun minuman energi. Mksh bgt pak infonya. Semoga sehat terus ya pak. Josss…

    • Nggih mas…•̸Ϟ•̸mäτür•иüwüи•̸Ϟ•̸-̶̶•
      itu aq sering tidak hanya turing
      Bahkan saat kerja di Solo tahun 1994-1996 juga sudah sering minum yg ngfak sehat
      Ternyata dalam waktu jangka panjang…ginjalnya yang kalah

      • Saya sering mendengar tentang “minuman energy bisa merusak ginjal” dan sblm artikel samoean rilis saya nggak pernah percaya dan msh meminumnya hingga kemarin2. Tapi stlh artikel sampean rilis, mulai saat ini juga no no no buat soft drink dan minuman energy. Padahal dl jaman kuliah seneng bgt minum minuman energy, mungkin hampir tiap hari minum. Pokoke mulai saat iki, no way!!!!

  6. Alhamdulilah Mbah Wir bisa ngeblog lagi, semoga senantiasa diberi kesehatan. kalo saya memang jarang minum energy drink, tapi ga bisa menghilangkan kebiasaan ngopi 2 cangkir sehari..

  7. Jangan lupa kebiasaan makan mie instan juga di kurangi pak 😁

  8. wah iya bener, energy drink dan rasa-rasa berbahaya banget

  9. Semoga cepet sembuh Mbah, aamiin…

  10. wah semoga cepat sembuh mbah….artikelnya menginspirasi banget, terbayang batu ginjal sepanjang 7 cm..ngeri bayanginnya. Dulu Saya juga sering minum minuman berenergi…ditegur oarang tua mengabaikan, tapi setelah tau kejaidan ini…jadi merinding. cepat sembuh mbah,!!

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: