Iklan

Salut, Dwi Warna Terus Berkibar Saat Juara ATC di Losail Qatar Race 1 & 2

Race 2 ATC di Losail Qatar Posisi 1 : Andi Gilang posisi 3 : Gerry Salim

Race 2 ATC di Losail Qatar
Posisi 1 : Andi Gilang
posisi 3 : Gerry Salim


Nyobamoto.com – Bro Sis …
Kebanggan tersendiri brosis manakala kita meskipun tidak mengikuti sebuah iven, tetapi ada teman atau rekan dekat kita yang berhasil mendapatkan keberhasilan dan sukses meraih secara cemerlang. Begitupun dalam hal olah raga, baik sekelas bulu tangkis, sepak bola maupun yang kali ini kita bahas tentang balapan ATC atau yang dikenal dengan Asia Talent Cup. ATC sendiri bukan program sembarangan karena dari sinilah sejatinya kadet atau cikal bakal pembalap berbakat dilahirkan dengan kompetisi serius yang benar-benar sesuai dengan standar internasional.

Honda CB150r_Sirkuit Kenjeran Gerry Lorenz
Dan kejadian ini benar-benar terjadi pada hari mnggu kemarin brosis. Dua pebalap muda Indonesia binaan PT Astra Honda Motor (AHM)yaitu Gerry Salim dan Andi Gilang berhasil merebut podium pertama di ajang balap international Asia Talent Cup (ATC) 2016. Kali ini Gerry Salim dan Andi Gilang kembali mengibarkan Sang Saka Merah Putih dan mengumandangkan Indonesia Raya setelah menempati posisi pertama di race yang berbeda pada seri kedua ATC yang berlangsung di Sirkuit Losail Qatar, pada Sabtu dan Minggu (19-20/3), sebelum ajang balap utama MotoGP berlangsung.

Gerry Salim sejatinya sempat mengalami masalah dengan motornya saat sesi latihan sehingga dia harus berlomba menggunakan motor cadangan. Namun dia tidak pernah menunjukan sikap menyerah. Pebalap muda asal Surabaya ini justru mampu meraih top speed tertinggi pada sesi kualifikasi dengan 215.1 km/jam. Start pada posisi ke enam di race pertama, pebalap lulusan Honda Racing School ini mampu bersaing di rombongan terdepan. Dengan semangat bersaing tinggi, Gerry Salim mampu menerobos ke posisi 2 pada 3 lap terakhir. Pada lap terakhir, Gerry Salim mulai memacu motornya dan overtaking para pebalap di depannya serta mengakhiri balapan 14 lap pada posisi pertama dengan catatan waktu 31’27.084. Sementara rekannya Andi Gilang mengakhiri race pertama pada posisi ke-5.

“Balapan saya di seri Qatar ini dari awal sesi latihan tidak berjalan mulus. Motor utama saya bermasalah dan saya harus pakai motor cadangan saat kualifikasi dan dapat posisi start 6. Besoknya untuk persiapan race saya minta ke chief untuk memindahkan suspensi depan belakang motor saya yang asli ke motor cadangan dengan harapan engine OK dan suspensi OK. Pada race pertama saya mampu mengikuti rombongan depan dan begitu 3 lap terakhir saya coba push, alhamdulilah bisa juara 1.” ujar Gerry Salim‎.

Dua Jagoan pengibar Sang Dwi Warna di Sirkuit Losail Qatar

Dua Jagoan pengibar Sang Dwi Warna di Sirkuit Losail Qatar


Sementara keesokan harinya pada race kedua Gerry Salim dan Andi Gilang terus berusaha mempertahankan raihan positif pada race pertama. Dari awal balapan, Andi Gilang berusaha memaksimalkan keuntungan start pada posisi kedua. Bertarung dengan pebalap Thailand, Somkiat Chantra dari awal lap Andi Gilang terus berusaha menempel pebalap di depannya tersebut. Menjelang garis finish, Andi Gilang mulai memacu motornya dan mampu overtaking di detik-detik terakhir sehingga meraih posisi pertama di race kedua dengan raihan waktu 30’57.662.

“Pada race 1 kondisi angin sangat kencang sekali sehingga susah sekali untuk melepaskan diri dari rombongan. Saya coba menusuk lewat late breaking dari sisi inside juga kurang berhasil. Pada race kedua, kondisi angin tenang dan membuat saya bisa memaksimalkan racing line saya. Saya & Chantra bisa lepas dari rombongan sekitar 5 detik. Di sini saya berpikir untuk sabar saja dan coba mengukur slipstreaming untuk melewati Chantra. Alhamdulilah strategi ini tepat dan saya bisa meraih podium pertama.” ujar Andi Gilang.

Sementara itu, pada race kedua ini Gerry Salim juga mampu menunjukan performa maksimalnya. Gerry Salim yang mulai dari awal lomba selalu dikepung pebalap-pebalap Jepang, akhirnya mampu memperbaiki posisi dan finish posisi 3 yang diraihnya menjelang garis finish. Dengan ini Gerry Salim pun berhak menemani Andi Gilang menaiki podium pada race kdua sekaligus berhasil memimpin perolehan poin dan menduduki klasemen pertama diatas pebalap lainnya. Disusul Andi gilang pada posisi kelima. Pada ATC 2016 seri Qatar ini, pebalap binaan AHM lainnya yaitu Irfan Ardiansyah, Alif Utama, dan Dwiki Suparta juga dengan semangat tinggi berusaha memberikan yang terbaik bagi bangsa.

GM Marketing Planing and Analysis Division AHM A. Indraputra mengatakan hasil positif pada dua seri awal ATC 2016 merupakan kemenangan bagi Indonesia. Pencapaian ini akan mengubah pandangan negara lain terhadap kompetensi dan ketangguhan generasi muda Indonesia di dunia balap.

“Kemenangan Gerry Salim dan Andi Gilang pada ATC seri Qatar ini luar biasa dan tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi bangsa ini. Dengan semangat Satu Hati, kami selalu berupaya menemani generasi muda mewujudkan mimpi mereka raih prestasi sampai ke ajang MotoGP. Hasil positif ini kami yakin akan berlanjut di seri berikutnya.”

Peserta ATC dari seluruh ASIA

Peserta ATC dari seluruh ASIA


Pada ATC 2016, AHM mendukung 5 pebalap binaannya yaitu Andi Gilang, Gerry Salim, Irfan Ardiansyah, Dwiki Suparta, dan Alif Utama. Selain berlaga di di Sirkuit Losail – Qatar (17-20 Maret), mereka juga mengadu skill balap di seri ATC lain tahun ini yang digelar di :
– sirkuit Chang, Thailand, pada (11-13 Maret),
– Sirkuit Sepang – Malaysia (13-15 Mei),
– Sirkuit Zhuhai – Cina (16-19 September),
– Sirkuit Twin Ring Motegi – Japan (14-16 Oktober) dan ditutup di
– Sirkuit Sepang – Malaysia (28-30 Oktober).

Ajang balap ATC merupakan jenjang balap motor tingkat Asia yang diselenggarakan Dorna Sport sebagai penyelenggara MotoGP. Menggunakan motor Honda NSF250R. Kejuaraan balap ini diikuti oleh 22 pebalap dari 8 negara, yaitu
– Indonesia,
– Malaysia,
– Japan,
– Thailand,
– China,
– Australia,
– India, dan
– Turkey.

Nahh…bersyukur brosis…bahwa kita punya jagoan yang juga pantas kita dukun dan sedang berlaga di level internasional. Semoga saja prestasi mereka semakin meningkat dan tidak megap-megap ditengah jalan. Aamiin..

Pict : AHM dan nyobamoto
Artikel Terkait

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 22 Maret 2016, in ADC, ATC (Asia Talent Cup) and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: