Iklan

Bentuk Squad Tangguh, AHM Gunakan Cara Baru Untuk Siapkan Tim AHRT

Dimas Ekky Pratama

Dimas Ekky Pratama


Nyobamoto.com – Bro Sis …
Mulai tahun 2016 ini, seperti diketahui AHM memiliki squad tempur di balap-balap kelas nasional dan juga internasional. Bahkan dari beberapa iven yang diikuti jagoan-jagoan AHM ini punya prestasi yang cukup membanggakan. Baik pada level Asia atau dunia. Dan hal ini akan dilanjutkan untuk tahun 2016 ini. Tentunya dengan cara yang lebih terstruktur dan lebih tepat penggunaan cara dalam hal rekrutmennya. Bahkan AHM menggandeng instansi yang kredible untuk hal ini.

Gerry Salim

Gerry Salim

Penerapan sistem rekrutmen pebalap baru untuk memperkuat tim balap Astra Honda Racing Team (AHRT) ini memang memasukkan serangkaian tes yang harus dilakoni para pebalap sebagai salah satu pertimbangan AHM dalam menentukan strategi pemetaan tim AHRT yang akan berkompetisi pada ajang balap internasional tahun ini. Selain itu juga tidak melupakan perolehan prestasi-prestasi yang sudah diperoleh pada periode sebelumnya. Maka AHM mewajibkan calon pebalap tim AHRT untuk mengikuti medical check-up dan psikotes. Kedua tes ini dilaksanakan selama 3 hari pada 27-29 Januari 2016 sebagai aspek pengecekan akhir kondisi mental dan fisik pebalap.

Dari sinilah AHM memetakan kesiapan pebalap sebelum menghadapi rangkaian jadwal kompetisi skala internasional yang akan dijalani selama setahun penuh. Medical check-up para pebalap AHRT dilakukan secara komprehensif. Bekerjasama dengan Laboratorium dan Klinik Olahraga di Universitas Negeri Jakarta, para pebalap menjalani pengecekan kondisi fisik secara menyeluruh serta melakukan tes VO2 Max untuk mengetahui kinerja paru-paru pebalap dan kapasitas oksigen maksimum organ tersebut. Berdasarkan hasil pengecekan ini, AHM dapat memetakan latihan fisik yang paling sesuai bagi setiap pebalap untuk meningkatkan performa balapnya. Pengecekan kondisi fisik dilakukan selama sehari pada 27 Januari 2016. Psikotes dijalani pebalap AHRT berupa tes tertulis maupun wawancara dengan para ahli di bidang psikologi. Tes ini bertujuan menganalisa kepribadian pebalap dan potensi yang dimilikinya. Analisa kepribadian pebalap AHRT ditekankan pada aspek teamwork, profesionalisme, konsistensi, kestabilan emosi, daya juang, serta kemampuan untuk menjalankan strategi balap dengan tenang dan cepat di tengah tekanan emosional saat balapan berlangsung. Psikotes ini dilakukan langsung di AHM pada 28-29 Januari 2016.

Motor Balap AHRT

Motor Balap AHRT

Pebalap AHRT yang sebelumnya telah berhasil mengharumkan nama bangsa di berbagai ajang balap internasional, seperti Dimas Ekky Pratama, Andi Gilang, Gerry Salim, dan Irfan Ardiansyah. Para pebalap ini mengikuti sistem rekrutmen AHRT terbaru sebelum menandatangani kontrak kerjasama musim balap 2016. Sebagai bagian dari pembinaan balap AHM di ajang internasional, pebalap AHRT yang berprestasi didukung untuk meningkatkan kompetensi balapnya di ajang balap yang lebih tinggi. Salah satunya menurunkan Dimas Ekky Pratama dalam balap CEV Spanish Championship kelas Moto 2 European Championship. Dimas Ekky Pratama menjadi pebalap binaan AHM pertama yang menapaki karir balap di ajang ini untuk bersaing dengan pebalap dunia lainnya.

Sementara itu tak hanya pebalap, AHM juga menjalankan serangkaian psikotes untuk para mekanik sebagai bagian dari tim AHRT. Uji psikotes ini dilakukan untuk mengukur kemampuan berpikir analitis sebagai salah satu aspek utama yang dibutuhkan mekanik dalam tim mekanik balap AHRT.

General Manager Marketing Planning and Analysis AHM, A. Indraputra menyampaikan mekanisme perekrutan baru ini merupakan salah satu upaya AHM dalam meningkatkan kualitas pembinaan balapnya. Melalui skema baru ini, pihaknya berharap dapat mewujudkan tim balap kebanggaan bangsa yang semakin siap secara fisik maupun mental untuk kembali berjuang di kancah internasional.

“Skill balap memang prioritas utama. Namun aspek fisik dan psikis tim balap juga penting untuk diketahui, baik pebalap maupun mekaniknya. Dengan mekanisme ini, kami berharap dapat membentuk tim balap terbaik sehingga bendera Merah Putih dapat semakin banyak berkibar di kejuaraan balap internasional tahun ini,” ujar Indraputra.

Pebalap AHRT Berlatih terus
Tim Balap Internasional Terbaik
Upaya serius AHM ini meningkatkan kompetensi tim balap AHRT merupakan langkah lanjut pembinaan balap berjenjang yang pada tahun lalu berhasil menempatkan tim balap binaan AHM ini sebagai peraih posisi 3 besar tim balap internasional terbaik pada ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) 2015. Sepanjang musim balap 2015 lalu, bendera Merah Putih pun telah berhasil dikibarkan pebalap AHRT lebih dari 9 kali, diantaranya :
– Asia Dream Cup,
– Asia Road Racing Championship,
– Endurance Race 2 Hours,
– All Japan Championship,
– Asia Talent Cup,
– Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship 2015.

Hemmm…semoga saja, mereka-mereka benar-benar bisa mengulan sukses dan mengibarkan sang Merah Putih disetiap iven lomba. Aamiin …

Pict : from AHM dan Google
Artikel Terkait

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 29 Januari 2016, in AHM, ARRC and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 5 Komentar.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: