Iklan

Rapor 2015 : All New Honda CBR150R Bungkam Yamaha R15, Di Kategori Sport Fairing 150cc 4 Tak

Honda CBR150R Dual Keen Eyes

Honda CBR150R Dual Keen Eyes

Nyobamoto.com – Bro Sis …
Tahun 2015 kemarin rapor masing-masing mulai keluar dan kita mulai bisa baca, siapa yang meraih nilai bagus dan siapa yang meraih nilai kurang. PT. Astra Honda Motor yang memegang brand Honda roda dua berhasil meraup market share hingga hampir 70% untuk tahun 2015, dan kita tunggu rapot kompetitor terdekatnya dari PT. YIMM. Dari laporan yang sudah digelar kita bisa ketahui bahwa Honda memang meraja di matik dan juga bebek. Untuk sport meski mulai ada peningkatan, tetapi secara angka masih cukup jauh tertinggal. Dan produk sport Honda yang paling sering tampak “diadu” adalah All New CBR150R dan All New CB150R StreetFire. Sementara untuk 2 sport lain yaitu Verza dan New MegaPro paling jarang terlihat di komparasi.

Yamaha YZF R15

Yamaha YZF R15

Di sisi Yamaha sendiri jagoan mereka juga sangat kuat dan tangguh. Terlihat tahun 2015 masih memiliki taring dan mengangkangi raihan motor sport 150cc yang ada. nKalaupun ada yang jarang dikomparasi di pihak Yamaha adalah Byson. Sementara dua jagoan lain yaitu YZF-R15 dan NVL/NVA adalah produk yang paling sering di komparasi dan dijadikan acuan.
Kita lihat bersama…di grafik pie berikut ini.
Untuk kategori sport berfairing, maka semenjak Honda melokalkan CBR150R, maka harga yang didapat menjadi kompetitif yang berbeda jauh dibanding versi CBU dari Thailand dan layak beradu dengan R15 yang juga versi lokal. Dengan harga keduanya yang relatif sama akhirnya segalanya hanya kembali kepada konsumen…dan terlihat bahwa pada catatan terakhir CBR150R akhirnya bisa unggul atas R15 dengan selisih hampir 15.000an.

Jumlah R15 dan CBR150R tahun 2015

Jumlah R15 dan CBR150R tahun 2015

Dari diagram pie terlihat bahwasanya CBR150R meraih 56% dan R15 meraih 44%. Cukup sebagai acuan bahwa selama 2015 kemarin memang meski R15 meluncur lebih duluan, pada akhirnya bisa terlampaui oleh CBR150R. Apalagi kabarnya tahun ini entah pada semester 1 atau semester 2 AHM akan memberi sentuhan baru pada CBR150R ini sehingga makin fresh lagi.

Prosentase Sport Honda terhadap Sport keseluruhan

Prosentase Sport Honda terhadap Sport keseluruhan

Tapi kita tidak bisa menutup mata dengan kondisi keseluruhan, bahwa kategori sport AHM masih tertinggal dari YIMM. Dari diagram pie diatas setidaknya masih terlihat superioritas sport Yamaha disana. NVL dan NVA masih memipin penjualan dan kenyataan ini yang sedang dikejar oleh AHM dengan jagoan barunya All New Honda CB150R StreetFire. Bahkan pada tahun 2015 kemarin untuk bulan Oktober dan Nopember, New CB150R sempat memimpin dan akan terus mempersiapkan diri untuk 2016.

Kita tunggu untuk real battle di tahun 2016 berikut ya masbro mbaksis 🙂

Pict : from Google
Artikel Terkait

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 23 Januari 2016, in AHM, Market share, Yamaha and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. Itu CBR250R bukan CBR150R

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: