Iklan

Alien Itu Adalah Marquez. Secepat Stoner, Sedingin Lorenzo dan Secerdik Rossi

Saat Launching Honda RC213V 2015 di nusa Dua Bali

Saat Launching Honda RC213V 2015 di nusa Dua Bali


Nyobamoto.com – Bro Sis …
Memang roda berputar, dan saat kita menengok salah road race termegah yaitu motoGP, maka dapat kita yakini bahwa beberapa tahun ini sedang ada perubahan dengan hadirnya muka-muka baru dan talenta-talenta segar di kelas para Raja. Sejatinya Marc Marquez memang sudah cukup populer dan dikenal saat doi ada di kelas bawah yaitu moto2. Sementara saat tahun 2013 doi bergabung dengan para raja motoGP dia bukan “siapa-siapa” melihat nama-nama beken dan terkenal yang sudah ada disana. Lihat saja para pebalap di tim pabrikan papan atas, jelas adalah pebalap pilih tanding dan bukan orang main-main. Bahkan Marc Marquez masuk ke Tim Repsol Honda juga menggantikan orang yang bukan main-main, dia adalah Casey Stoner yang pemegang juara dunia 2 kali asal Australia.

Marquez dan Nakamoto di Paddock HRC

Marquez dan Nakamoto di Paddock HRC


Masuk ke sebuah tim yang sangat besar di jajaran peserta motoGP yaitu tim Repsol Honda. Tentu pihak principal dan sponsor bukan asal tunjuk dan asal pilih bila akhirnya memasang Marc Marquez sebagai ganti CS27 di atas motor gahar Honda RC213V. Di tahun pertama pada 2013 dia harus bersaing dengan para senior dan raja sesungguhnya di sirkuit. Tapi apa lacur, justru Marc Marquez malah meraih podium ketiga dibawah Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Jelas semua orang baik penonton, pebalap maupun orang-orang di paddock mendelik dengan hasil ini. Bagaimana mungkin seorang anak muda yang baru naik kelas bisa langsung juara 3 di sirkuit Losail Qatar.

Begitu pula saat race kedua yang diselenggarak di CoTA (Circuit of Texas America). Semua pebalap nol belum punya pengalaman disini karena sirkuit baru, begitu juga para crew enginer dan semuanya. Yang gila adalah Marc Marquez justru bisa memenangi race seri kedua ini dengan meraih juara pertama alias podium tertinggi dan diikuti oleh rekan setimnya Dani Pedrosa. Banyak sekali hal-hal kontroversial dari kehadiran Marc Marquez di lintasan balap motoGP. Dan tahun pertama ini dia berhasil mencatatkan namanya pada beberapa rekor, dan yang paling fantastis adalah dia tercatat sebagai Juara MotoGP termuda di usia 20 tahun mengalahkan poin Jorge Lorenzo yang saat itu juga bersaing keras dengannya.

Memasuki tahun kedua justru kehadirannya makin menakutkan brosis. Bagaimana tidak ? MotoGP selama satu tahun terbagi atas 18 seri yang diselenggarakan di 18 sirkuit kelas dunia. Dari 18 seri tersebut 13 diantaranya dimenangkan oleh Marc Marquez dengan juara 1. WOW… dan yang lebih gila adalah 10 seri pertama motoGP semua juara 1 berturut-turut diraih Marc Marquez. Sebuah dominasi yang sangat njompalng dari anak Spanyol diatas Honda RC213V pada tahun 2014. Hal ini yang cukup di khawatirkan oleh banyak pengamat, karena kalau terlalu mendominasi maka juga kurang bagus untuk sebuah kompetisi. Dan pada musim 2015, HRC selaku penyedia motor monster RC213V menyediakan paket baru yang di klaim lebih galak dan power full dari versi 2014 yang sudah sangat dominan.

Disinilah baru terlihat bahwa Marc Marquez sering sekali terjatuh dan hasil analisis internal HRC adalah output power yang besar sehingga motor sulit dikendalikan dan sasis yang kurang kompromi. Dan di paruh kedua musim 2015 barulah Marquez dan HRC memutuskan untuk tetap menggunakan mesin 2015 namun menggunakan sasi 2014, dan terbukti bahwa performa Marc Marquez membaik dan sangat menakutkan meski terbilang telat untuk mengumpulkan pundi-pundi poin. Dan akhir musim 2015 ini Marc Marquez hanya berada di posisi ketiga dibawah Jorge Lorenzo sang juara dunia 2015 dan Valentino Rossi yang runner up.
Terbukti memang yang dikatakan banyak orang bahwa Marc Marquez adalah secepat Casey Stoner, sedingin Jorge Lorenzo dan secerdik Valentino Rossi. Tahun depan kita lihat performanya saat usia makin matang dia di semua lintasan motoGP.

Pict : Google
Artikel Terkait

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 13 November 2015, in motoGP and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: