Iklan

Meski Sempat Terjatuh Marquez dan RC213V Tercepat Dua Hari Tes Michelin, Dibuntuti Vinales Suzuki GSX-RR

Marc Marquez Tercepat Latihan di Valencia menggunakan Michelin dan ECU baru

Marc Marquez Tercepat Latihan di Valencia menggunakan Michelin dan ECU baru


Nyobamoto.com – Bro Sis …
Lembaran baru persiapan motoGP 2016 sudah dimulai setelah istirahat full pada hari Senin, dan hari Selasa para rider yang akan berlaga di motoGP2016 sudah mengenakan wearpack mereka untuk menjajal motor baru spesifikasi 2016 dan tentunya beberapa hal baru yang akan mewarnai motoGP. Untuk rider baru akan kita bahas terpisah berikut tim dan jadwalnya, tapi kali ini fokus pada penggunaan ban baru yang melingkar pada velg masing-masing motor balap ini. Dengan diameter lebih besar dari versi sebelumnya yang hanya 16,5 inchi, ban Michelin menggantikan Bridgestone dan saat ini menggunakan velg 17 inchi. Selain ban yang benar-benar berubah juga penggunaan ECU (Electronic Control Unit) yang kali ini menggunakan ECU seragam buatan Magneti Marelli yang akan mengontrol kerja semua sensor motor prototipe tersebut.

Maverick Vinales dengan GSX-RR catatan waktunya cukup fantastis

Maverick Vinales dengan GSX-RR catatan waktunya cukup fantastis


Tentu penggunaan aturan baru pada musim 2016 nanti memang ada konsekwensi yang harus diterima oleh pebalap dan pabrikan. Bagaimanapun motoGP saat ini memang ajang unjuk teknologi bagi masing-masing pabrikan untuk mewujudkan hasil riset enjiner mereka pada motor yang digunakan. Hanya sayangnya hal ini disebut cukup timpang karena tidak semua pabrikan mempunyai dana berlimpah untuk melakukan riset dan development. Dan inilah yang saat ini ditempuh oleh Dorna Sports yang menjadi operator motoGP. Dorna berharap penyeragaman ini lebih pada membuat balap lebih menarik karena selain ban yang digunakan sama, juga ECU yang dipakai sama. Sehingga pabrikan tidak perlu lagi untuk riset dan development ECU khusus untuk motor-motor mereka, tapi disediakan oleh pihak penyelenggara.
- ECU Magneti Mirelli -  Kata Rossi serasa balapan mundur ke tahun 2008 - 2009

– ECU Magneti Marelli –
Kata Rossi serasa balapan mundur ke tahun 2008 – 2009


Sayangnya penggunaan ECU Magneti Marelli yang seragam ini mendapat kritik dari Valentino Rossi yang mengatakan bahwa ECU ini sudah sangat kuno. Dan memang pada kenyataannya milik pabrikan kelas atas seperti Honda dan Yamaha jelas ECU nya lebih canggih dan mutakhir. Sementara ECU ini malah tertinggal dari sisi teknologi.
“Seperti lompat ke masa silam, kembali ke teknologi musim 2008-2009. Motor sangat tak nyaman dikendarai,” ucap Rossi yang mengakui punya masalah besar untuk beradaptasi dengan teknologi “lawas” yang dianggap setara tahun 2008-2009 ini.
Tim Repsol Honda menoba ban Michelin

Tim Repsol Honda menoba ban Michelin


Untuk ban sendiri jelas meski “hanya” berbeda 0,5 inchi, hal ini tidak bisa dipandang sembarangan. Karena dengan diameter velg yang lebih kecil kemiringan pebalap selama ini saat melakukan cornering menjadi sajian aduhai perlu adaptasi lagi. Maka kali ini belum bisa diprediksi siapakah yang benar-benar klik dengan ban baru Michelin produksi Perancis ini. Yang jelas, selama dua hari pengetesan, Marc Marquez dan Dani Pedrosa terlihat tetap tercepat meski Marquez sempat terjatuh berikut beberapa pebalap lain karena memang grip Michelin untuk ban depan kurang. Tapi yang patut dicatat adalah performa Suzuki GSX-RR besutan Maverick Vinales dan Aleix Espargaro, yang terlihat lebih kencang bahkan dibanding YZR-M1 Lorenzo dan Rossi. Naahhhh…mungkin ini yang yang menjadi PR pabrikan dan tim lainnya, karena GSX-RR ternyata mulai menampakkan taringnya, padahal mereka belum menggunakan full SSG (Seamless Shift Gearbox).

Itu brosis dua hal paling pokok pada persiapan motoGP 2016, dimana sudah mencoba menggunakan ECU dan ban yang baru. Moga tahun depan lebih rame lagi dan tentunya persaingan makin menjadi.

Pict : Google
Artikel Terkait

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 12 November 2015, in motoGP and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: