Iklan

Data AISI Mei 2015 Makin Anjlok, Apakah Pasar Motor Sudah Jenuh?

Diagram Pie : Data AISI Bulan Mei 2015

Diagram Pie :
Data AISI Bulan Mei 2015


Nyobamoto.com -Bro Sis …
Kekhawatiran banyak pihak, utamanya produsen motor di Indonesia mulai menjadi kenyataan. Entah karena kondisi perekonomian di Indonesia yang saat ini memang sedang galau…atau karena jalan raya yang sudah macet dimana-mana, sehingga menyebabkan pasar kendaraan bermotor mulai anjlok. Terlihat bahwa raihan tiap bulan semakin menurun saja. Karena bila dilihat secara menyeluruh selama Januari sampai dengan Mei, tidak bisa kita menampik realita di lapangan bahwa semua pabrikan memang sedang mengalami penurunan. Bisa jadi ini adalah juga menyangkut berbagai kebijakan pemerintah yang menyebabkan beberapa komoditi terus merangkak naik. Sehingga konsumen sementara wait and see terlebih dahulu.

Data AISI Maret April Mei dalam tabel

Data AISI Maret April Mei
dalam tabel


Untuk data AISI sendiri memang masih relatif tetap.
Yang dimaksud tetap adalah kondisi atau prosentase dari market share masih relatif sama. Kalau ada sedikit-sedikit bergerak atau fluktuatif ya goyangannya masih sangat kecil dan tidak terlalu frontal. Honda Indonesia atau yang kita kenal dengan AHM masih kokoh memegang sekitar 65 % dari seluruh pangsa pasar roda dua di bumi pertiwi ini. Yang menguntit juga masih tetap adalah Yamaha Indonesia dengan raihan sekitar separuhnya atau 32 %. Selanjutnya ada Suzuki dan Kawasaki serta TVS. Sementara diluar itu ada beberapa merk lain yang melakukan distribusi (penjualan) tetapi tidak tergabung dalam AISI.
Data Maret April Mei 2015 Semakin menurun distribusinya

Data Maret April Mei 2015
Semakin menurun distribusinya


Dari kesemuanya, memang motor matic yang secara market masih memimpin jauh karena terlihat dari sisi kemudahan serta fungsionalitasnya yang membuat motor jenis ini disukai. Baik oleh kalangan remaja maupun dewasa. Dari sinilah baik Honda maupun Yamaha membuat pundi-pundi uangnya terjaga karena memang matic masih merupakan pengais uang utama, disusul motor sport yang juga semakin digemari. Sementara untuk bebek justru mulai kurang disukai. Karena segala kemudahannya justru sudah ada pada kategori matic.

Kita tunggu raihan untuk bulan Juni dan Juli, secara dua bulan ini bersinggungan langsung dengan persiapan Hari Raya Idul fitri, yang mana kondisi keuangan konsumen justru semakin terbagi-bagi. Apalagi juga berbarengan dengan orang tua yang akan menyekolahkan anaknya ke jenjang berikutnya. Hemmm…pasti akan semakin menurun. Atau justru terbalik…??
Konsumen ingin hadir pada lebaran dengan motor baru? Who knows…
Kita juga wait and see 🙂

Pict : Microsoft Excel dan berbagai sumber
Artikel Terkait

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 22 Juni 2015, in Market share and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 7 Komentar.

  1. jenuh sih ngga.. pada nungguin yg mo ngeluarin motor baru kali ye.. ato emang karna efek ekonomi menengah kebawah yg rada makin kegencet :p

    fyi sempet salah komen ke sebelah :malus
    http://ferboes.com/2015/06/22/kura-kura-berusia-150-tahun-ini-akhirnya-menemui-ajalnya/#comment-42356

  1. Ping-balik: Pangsa Pasar Lesu, Namun Demikian Honda Scoopy Tetap Laris Manis | WIRO NyöbaMôtö

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: