Iklan

Rossi Dan Pol Espargaro Kecam Aturan motoGP untuk Ducati

Usai Tes Sepang

Usai Tes Sepang


Nyobamoto.com – Bro Sis …
Musim 2015 untuk road race tersohor di kolong jagat akan segera digelar. Seri pertama yang akan digelar di Sirkuit Losail – Qatar pastinya adalah iven paling ditunggu selaku seri pembuka dan melihat kemampuan seluruh rider plus motor pacuannya. Sementara tes dua kali di Sepang belum terlalu memberi gambaran pada kemampuan masing-masing karena memang baru satu sirkuit yang digunakan untuk tes resmi. Tapi selain menariknya kita mengamati tes pra musim yang di Sepang dengan dominasi Marc Marquez selaku pebalap tercepat, ada pula lontaran kritik semacam sanggahan terhadap materi aturan yang ada pada motoGP. Dan hal itu disampaikan langsung oleh dua pebalap, yaitu Valentino Rossi dan Pol Espargaro. Entah kebetulan entah tidak…mereka adalah pebalap Yamaha yang menggunakan M1.

Pol Espargaro

Pol Espargaro


Baik Rossi dan Pol secara garis besar menyayangkan regulasi yang bisa dibilang timpang dan terlalu menguntungkan Ducati Tim Factory. Seperti diketahui, bahwasanya beberapa waktu yang lalu Dorna menggunakan 3 kelas untuk memisah semua tim yang berlaga dikelas tertinggi motoGP. Yaitu Factory Team 1, Factory Team 2 dan Open Class. Factory Team 1 dihuni oleh terkuat motoGP saat ini yaitu Repsol honda dan Movistar Yamaha. Sementara Factory Team 2 dihuni Ducati. Team lain berada di open class. Sementara Factory Team punya dayang-dayang yang disebut satelite.
Pabrikan "yang diuntungkan"

Pabrikan “yang diuntungkan”


Masalahnya adalah :

Ducati masuk di Factory Team 2 (Tim Pabrikan) dengan status ‘factory with concessions’. Maksudnya adalah Ducati turun sebagai pabrikan layaknya duo Jepang itu, tapi kemudahan atau keuntungan seperti pada peserta open class. Mesin boleh menyiapkan sampai 12 biji, bahan bakar sampai 24 liter, tetap boleh mengembangkan mesin saat musim berjalan dan ban lunak (extra soft).


Hal diatas inilah yang dikecam Rossi dan Pol Espargaro. Menurut Espargaro seharusnya bukan Ducati yang punya hak istimewa seperti diatas, karena Ducati adalah tim yang sudah bertahun-tahun layaknya tim pabrikan lainnya. Dan menurut Pol yang layak mendapatkan keistimewaan sebagai tim pabrikan dengan kemudahan open class adalah Suzuki (bisa pula tambah Aprilia). Karena Suzuki sudah cukup berani tampil sebagai tim pabrikan tapi masih cukup berat untuk melawan tim pabrikan dan satelite masing-masing pabrikan di tahun pertama mereka kali ini.

1. Entah hal ini disampaikan Pol karena ada saudaranya di Suzuki entah tidak, tapi usulan Pol memang logis.
2. Untuk Rossi sendiri entah mengapa dia galau melihat Ducati punya progres bagus, padahal dia di Ducati dulu jelek prestasinya.
Mungkin dua hal itu suatu saat akan terjawab 😀
Bagaimana menurut sampean brosis ???

Pict : from Google
Artikel Terkait

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 5 Maret 2015, in motoGP and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: