Iklan

Cara Mudah Pemasangan Watermark dari Photo Editor for Android buatan MacGyver

image

Pasang Watermark pada foto / gambar

Nyobamoto.com – Bro Sis…
Nggak bermaksud sok dan lebih tau, tapi ini hanya sekedar iseng saja. Dan lebih tertuju untuk rekan-rekan yang sementara ini masih sering menggunakan PC (personal computer) atau laptop untuk editing picture yang akan di upload bersama artikel. Atau juga yang masih bingung atau belum sreg dengan aplikasi yang dibutuhkannya. Utamanya bila terbiasa menggunakan Photoshop, AcdSee, Lightroom, dll. Tapi yang saya bahas kali ini adalah melakukannya melalui smartphone atau tablet. Dan aplikasi yg saya gunakan adalah aplikasi ringan hasil download dari play store yang berlabel Photo Editor buah karya MacGyver ini. Aplikasi ini cukup lama saya pakai…dan saya merekomendasikan segala editing di smartphone dan tablet menggunakan aplikasi ini.

image

Aplikasi ini runtut dan sangat mudah dalam pengoperasian. Lihat dan ikuti berikut ini bila brosis siap untuk meng-edit sebuah picture atau image.
1. Pilih picture yang akan di-edit dan buka dengan Photo Editor. Setelah tampil, smpean bisa edit kecerahan gambar dll bila dirasa kurang dengan mengklik menu Color (lingkaran hijau). Didalamnya terdapat exposure, brightness, contrast, saturation, dll. Ini diperlukan bila sampean merasa kurang pada hasil jepretan. Kalau sudah cocok dengan file asli…abaikan saja dan bisa memilih menu lain yang dibutuhkan. Termasuk Effect  (dilingkari kuning)

image

Pilih : Text/image untuk memulai

2. Karena fokus kita pad watermark, maka pilihan kita pada menu Text/Image (lingkaran hijau)

image

Pilih Watermark-nya. Text atau Image

3. Setelah masuk menu Text/Image, akan terlihat sub-menu Add Text dan Add Image.

image

Pilih : Built-in Image

4. Sementara fokus pada watermark dari logo atau gambar, maka kita pilih sub-menu Built-in Image yang sudah kita persiapkan sebelumnya. Nyobamoto membuat folder tersendiri dengan nama For Blogging pada Zenfone dan GalTab yang dipakai. Tentunya file disini punya ekstensi png yang fungsinya beda dengan ekstensi jpg misalnya.

image

Pilih salah satu atau lebih

5. Ada beberapa pilihan file png yang siap digunakan untuk “menandai” foto atau gambar pada artikel kita. Dan blog ini hampir pasti memasang watermark –> nyobamoto.com pada hampir semua foto/gambar ysng terpasang. Lebih-lebih untuk foto jepretan sendiri 😀

image

Rotate n resize png

6. Pilihan image watermark telah siap untuk di edit dan ditempatkan pada foto/gambar. Panah hijau untuk merotasi gambar png tersebut. Sementara panah kuning untuk untuk batas ukuran lebar kecil yang juga bisa di-adjust dari pojok-pojok gambar tersebut.

image

7. Didalam tanda plus (+) ada beberapa sub-menu yang bisa kita gunakan. Perspective bisa kita gunakan untuk merubah bentuk watermark kita menjadi jajaran genjang dlsb. Kita fokus ke Opacity yang berfungsi membuat logo/gambar kita menjadi transparan danntidak full menutup gambar utama.

image

8. Panah kuning ada pada Opacity dan menunjuk slider yang bisa kita geser sesuai keperluan transparan dari logo yang kita pasang.

image

9. Lakukan tahapan diatas bila brosis memasang lebih dari satu. Nyobamoto.com biasanya memasang logo segitiga diatas dan logo nyobamoto dotcom dibawah (lingkaran kuning). Bila setelah memasang logo masih dirasa kurang atau ingin menambah Text tinggal kita pilih Add Text yang ditunjuk panah hijau. Selanjutnya untuk tahap editing persis seperti pada logo atau image tadi.

image

10. Setelah selesai tinggal menempatkan posisi tulisan tadi terserah dimana yang brosis kehendaki. Taraaaa…selesai sudah brosis proses pemasangan watermark pada foto yang akan di-upload. Baik mendampingi artikel di wordpress ini, di upload ke medsos seperti FB, Twitter, Instagram atau untuk bahan guyon di grup whatsapp dan bbm. Sangat mudah dan simpel.

image

Tahap akhir proses editing

Bagaima brosis?
Tidak sulit dan bahkan sangat mudah bukan? Dan bila brosis sudah terbiasa maka 20 foto yang akan di-upload bersama artikel sangat cepat brosis meng-editnya. Tanpa pc, tanpa laptop. Hanya menghunakan smartphone atau tablet yang biasa ditenteng kesana kemari. Bahkan saat live report atau “siaran langsung” sampean juga bisa memanfaatkn aplikasi ini seperti artikel saya tentang mudahnya upload file DSLR melalui OTG disini.

Joss sangatlah pokoknya aplikasi Photo Editor buatan MacGyver ini. Sangat membantu 🙂

Pict : foto hunting Belleza
Edit : Photo Editor + GalTab
Artikel Terkait

Sent from WiroDroid Tab for WordPress
Email : maswiro@nyobamoto.com
Instagram : MASWIRO
Whatsapp : 0822 4556 0301
Pin BBM : 519C3270

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 6 Januari 2015, in Android, Teknologi, Tips & Trik and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 43 Komentar.

  1. woh… McGyver… syangar ki…

  2. Siip mantap mas, Mcgyver ya.. Eh png sama jpg emang pengaruh ya mas?? 😀

    http://warungasep.net/2015/01/06/lapak-jemuran-digusur/

  3. wah, ilmu nih..
    makasih ya mbah (meski belum nyoba) 😆

  4. Udah pakai aplikasi itu lebih setahun. Enak dan gratis. Tp hasil save as nya cukup gede bisa sampai 1 md keatas.

  5. kalo di hp aku pake picsArt…kalau di PC Pake PhotoScape… sederhana wae…pokoke onok tandane.. 😉

  6. Enakan pake picsay pro kang….

  7. Gan, kalau aplikasi untuk tambahan teks,, lingkaran, tanda panah di hp android apa ya gan,??? Lagi nyari nihhhh

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: