Iklan

Mudahnya Transfer File Foto DSLR ke Smartphone dan Tablet via OTG

image

ASUS : Zenfone 5

Nyobamoto.com – Masbro Mbaksis…
Era saat ini dimana semua keinginan yang dulu mustahil terpenuhi, perlahan bisa terealisasi. Smartphone yang 4 (empat) tahun ini mulai menyeruak di semua kehidupan pengguna gadget mulai banyak kemampun terpendam yang saat ini mulai digunakan oleh pengguna gadget itu sendiri. Yang kali dibahas nyobamoto adalah alat optional yang disebut OTG atau (On The Go).


image

ASUS Zenfone 5 yg support USB OTG

OTG hanya nyobamoto kenal lewat tulisan-tulisan di web atau portal yang membahas alat ini. Dan baru memegang atau tahu fungsinya saat membeli tablet TREQ pada dua tahun setengah yang lalu. Konektornya di tablet berupa mini usb. Sementara ujungnya adalah port usb seperti biasa yang bisa kita pasang flash disc atau modem eksternal. Sekedar diketahui saja bahwa tablet Treq tersebut sudah tersedia slot sim gsm, tetapi modem saya isi dengan sim card dari provider yang berbeda. Hanya menyiasati tempat yang kurang baik sinyal-nya, maka saya memasang modem eksternal melalui sambungan kabel OTG tersebut. Inilah manfaat pertama yang saya ketahui selain dapat membuka flash disc.

image

USB OTG dan SDHC saat terhubung dg Asus Zenfone 5

Dan untuk dua tahun berikutnya saya senang dengan performa OTG yang semakin menyenangkan. Saya membeli OTG baru yang berfungsi juga sebagai card reader. Sehingga tidak hanya flash disc yang tadi bisa terhubung dengan gadget saya, memory card SDHC yang biasa terpasang pada DSLR saya langsung segera saya copy pada GalTab 4 dan bisa dinikmati hasil foto tersebut dengan lebih lega dan jauh lebih puas, dibandingkan hanya melihat dari layar Nikon D90 yang kecil itu.

image

Mudahnya upload dan edit picture. Tak perlu laptop lagi

Dari koneksi tersebut dalam pembuatan artikel yang foto juga bersumber dari DSLR tak lagi terhambat seperti sebelumnya. Biasanya harus sampai dirumah untuk bertemu dengan laptop atau pc. Sementara saat ini sudah tidak lagi perlu, karena file tersebut langsung bisa nyobamoto edit langsung di tablet plus resize, pasang watermark dan ready untuk publish pada artikel yang dikehendaki.

Usai menggunakan OTG yang terpasang SDHC atau Micro SD (Trans Flash) tinggal melepas sebagaimana kita melepas flash fisc dari PC atau laptop/notebook. Di Zenfone 5 dan GalTab 4 saya selalu melalui setting -> storage -> unmount usb OTG. Dan memori SDHC siap untuk dikembalikan pada slot pada DSLR. Mudah bukan brosis?

image

USB OTG support di Galaxy Tab 4 8"

Begitu mudahnya saat ini semua terhubung dengan OTG. Bahkan beberapa rekan di Jatimotoblog tidak hanya untuk memasang memory card saja melalui OTG, bahkan juga keyboard dan mouse yang terhubung ke smartphone melalui OTG yang sebelumnya terkoneksi dengan USB HUB. Sungguh kenyamanan untuk kita semua brosis. Bagaimana menurut sampean? Atau ada yang punya pengalaman lebih sebagai pengguna smartphone yang terhubung dengan OTG.
Monggo sharingnya…

Pict : from Google n dok pribadi nyobamoto
Artikel Terkait

Sent from WiroDroid Tab for WordPress
Email : maswiro@nyobamoto.com
Instagram : MASWIRO
Whatsapp : 0822 4556 0301
Pin BBM : 519C3270

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 3 Januari 2015, in Operating System, Teknologi and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 26 Komentar.

  1. Mantep nih
    Modifikasi Honda Verza Pakai Headlamp Kawasaki Z250 http://wp.me/p4OJM5-eO via @wordpressdotcom

  2. Wah mantap… klo buat Samsung Galaxy Tab 2 ada gak mas? Soalnya konektornya kan bukan model mini USB.

  3. Wah mantap.. klo buat Samsung Galaxy Tab 2, 7″, ada gak mas?
    Soalnya konektornya kan bukan model mini USB.

  4. dimasukno konektor charge yo mbah?
    andromax bagaimana? kok ga bilang dari kemarin.

  5. piro kui? mumpung respiro durung dikirim ki 😀

  6. looh aku yo arep mbah..

  1. Ping-balik: Cara Mudah Pemasangan Watermark dari Photo Editor for Android buatan MacGyver | WIRO NyöbaMôtö

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: