Iklan

Siasati Pengisian BBM pada Pagi dan Malam Hari…Lebih Baik

image

Nyobamoto.com – Masbro Mbaksis sekalian…
Sebagai warga negara biasa tentu kita tidak punya pilihan lain saat pemerintah mengumumkan kenaikan bbm. Dengan segala alasan bbm yang menjadi hajat hidup orang banyak itu naik,  dan kita hanya bisa memutar otak untuk bagaimana agar bbm yang dikonsumsi dengan harga makin mahal itu bisa kita dapatkan plus tetap bisa mendukung kegiatan dan tentunya lebih efisien. Salah satunya mencari cara bagaimana kita mengkonsumsi bahan bakar. Selama ini saya asal saja saat mengisikan bbm ketika di motor habis, ya langsung belok begitu saja. Ternyata dari laman welovehonda ini ada cara yang cukup lumayan bisa saya praktekkan. Secara logika juga masuk akal.

image

Ilustrasi : pengisian malam

Pengisian bbm direkomendasikan pada pagi hari atau malam hari.
1. Kondisi ini berkaitan dengan suhu di sekitar tangki bensin yang di areal SPBU lazim ditanam dibawah tanah sekitar situ. Kondisi pagi dan malam hari ini menguntungkan karena kondisi kotoran atau endapan didalam tangki SPBU ini relatif tidak bergerak (mengendap). Sangat berbeda bila pada siang hari matahari memanasi area dan diserap oleh tanah yang melingkupi tangki SPBU tersebut.
2. Saat pagi dan malam hari densitas (kepadatan) bensin ini pada posisi paling tinggi. Maksudnya adalah dalam hitungan takaran yang sama kita dapatkan volume yang lebih bila dibandingkan saat kita isi bensin pada siang hari. Artinya 2 liter kita beli saat suhu rendah (pagi/malam) lebih banyak bila dibandingkan dengan 2 liter kita beli saat suhu tinggi (siang).
3. Kondisi suhu terendah bumi ada pada pukul 2-3 dini hari. Sehingga bila kita menerapkan langkah pertama dan kedua diatas, waktu paling ideal ya saat pukul 2-3 dini hari. Kalaupun sangat sulit meluangkan waktu saat jam diatas, setidaknya kita meluangkan waktu saat pagi hari berangkat kerja atau malam hari saat keluar rumah untuk sebuah keperluan.

image

Ilustrasi : pengisian bbm malam hari

Tapi juga jangan lupa, hindari isi bbm saat pihak SPBU sedang melakukan pengisian ulang dari truk bbm. Karena biasanya saat tersebut kotoran yang mengendap terhambur karena gerojokan bbm baru dari tangki. Bila tidak mendesak dan ada alternatif lain disekitar SPBU tersebut, lebih baik bergeser ke SPBU lain yang juga punya karakter bagus baik dalam pelayanan maupun takaran…

Setuju nggak brosis pada pengisian pagi or malam hari?

Sent from WiroDroid Tab for WordPress
Email : maswiro@nyobamoto.com
Instagram : MASWIRO
Whatsapp : 0822 4556 0301
Pin BBM : 519C3270

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 24 Desember 2014, in Opini and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 9 Komentar.

  1. Aku biasae ngisi jam 11 bengi mbah… Males nek isuk2 nemen 😀

  2. pernah ada yg nulis, katanya itu semua tidak valid. tapi ane lupa artikel siapa

  3. Pagi hari, make up mbak operator spbu masih seger

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: