Iklan

Menurut Walikota Surabaya : Kebijakan Kartu Jokowi Memboroskan Anggaran

Tri Rismaharini Walikota Surabaya

Tri Rismaharini
Walikota Surabaya


Nyobamoto.com-Masbro Mbaksis semua…
Presiden baru Indonesia punya terobosan sebagaimana janjinya saat kampanye pilpres yang lalu, yaitu akan mengadakan KIP (Kartu Indonesia Pintar), KIS (Kartu Indonesia Sehat) dan KKS (Kartu Keluarga Sejahtera). Semua yang menjadi janji-janji ditepati dan berusaha terus direalisasikan. Walaupun pelantikan Jokowi selaku Presiden bisa dikatakan baru satu bulan yang lalu tapi progress apa yang disampaikan berusaha untuk segera dipenuhi. termasuk diantaranya adalah 3 kartu diatas yang cukup membuat banyak orang terpana dan menaruh harapan. Tapi kali ini saya tidak membahas masalah pembuatannya melalui tender atau tidak, menggunakan dana dari mana dan lain-lain. Saya justru membahasnya melihat komentar Srikandi Jawa Timur yang kebetulan orang yang cukup terkenal yaitu Tri Rismaharini.

Risma, Wali Kota Surabaya

Risma, Wali Kota Surabaya


Yaa…panggilan akrabnya adalah Bu Risma. Beliau punya nama yang sangat harum dan melejit utamanya saat membenahi Surabaya sehingga semakin baik dan juga aksi nyatanya yang sangat berani menutup Lokalisasi Dolly beberapa waktu yang lalu. Bu Risma adalah pejabat yang sangat suka dengan terjun langsung pada hal-hal yang sedang ditanganinya. Blusukan kesana kemari bahkan tanpa ter-ekspos media. Kalaupun ada berita tentangnya tidak di-blow up sedemikian rupa, kecuali tentang penutupan Dolly itu.
Pro Rakyat
Bu Risma sendiri adalah kader dari salah satu partai besar. Tapi seringkali kebijakannya justru lebih pro-rakyat dibanding pro partainya. Selain masalah Dolly yang sempat berujung dengan bersitegang dengan Wakil Walikota juga yang saat ini Risma mengkritik kartu-kartu buatan Jokowi yang dinilai hanya sebuah pemborosan atau penghamburan uang saja. Menurut Risma, tanpa menggunakan kartu semacam KIS warga Surabaya sudah bisa mendapatkan berobat gratis. Syaratnya cukup mudah, yaitu menunjukkan KTP sebagai warga Surabaya dan melakukan scan sidik jari pada puskesmas tempat berobat pada alat finger print. Tidak ribet dan memanfaatkan KTP (id card) sebagai syarat yang sangat mudah. Hanya dengan hal semacam itu warga Surabaya sudah mendapatkan layanan berobat gratis. Dan untuk pelayanan tersebut pihaknya mem-program aplikasi elektronik tersebut dengan tiga bahasa. Yaitu Bahasa Indonesia, Jawa dan Madura.

Hemmm…bisa jadi memang murah dan tidak perlu menghamburkan biaya atau anggaran untuk cetak kartu dan menditribusikan kepada warga Indonesia, karena cukup menggunakan KTP yang sudah ada.
Bukan warga Surabaya sihhh…tapi kelihatannya program Bu Risma ini bagus juga dan relatif murah.
Apakah sebaiknya program Jokowi digantikan oleh semacam program bu Risma dengan penyempurnaan lebih detail dan cakupan pembiayaan yang lebih luas? Bagaimana kalau menurut sampean brosis?

Pict : from Google
Artikel Terkait

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 18 November 2014, in Opini and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. Walaahh…
    Film Ghost Rider Terbaru Memakai Motor All New CBR150R…??? Kereeennn….!!! – http://wp.me/p3RQvE-2Y3

  2. kan danane lumayan om tkan cetak 3 kartu, 1 SIM card dan flyer pamflet tendere yo sopo sing menang ora jelas 😆

  3. finger print..hemm, database-nya benernya sangat luas..jadi bisa banyak aplikasinya..beneran ngirit

  4. presiden gemb*lung ancene

  5. bagus itu sudah usul bu risma… sudah jangan kau tipu-tipu lagi pak jo, rakyat butuh aksi nyata, bukan sensasi, simbolik, apalah itu pecah rekor pula…

  6. indonesia kan dari sabang sampe merauke… terus alat scan finger printnya itu apa bisa dijamin ada di semua tempat? kalo suroboyo aja sih mungkin brosis…

    • Saya yakin bisa masbro…
      Unas meski terseok2 bisa sampai Papua
      Logistik pemilu bisa sampai Papua
      HT pak polisi dan tentara sampai sana juga

      Jadi yakin bisa sampai kesana
      Asal dikurim spt alat² diatas…

  7. At this time I am ready to do my breakfast, once having my breakfast
    coming over again to read other news.

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: