Iklan

Honda Berhasil Hempaskan Bajaj Di India, Pertanda Apakah ini?

Logo Honda
Nyobamoto.com-BroSis…
Bisa jadi nama ini memang sedang melesat dimana-mana. Di Indonesia sudah berapa dekade ini brand Honda memimpin secara terus menerus tiap tahunnya. Bahkan kometitor yang merupakan level kedua sampai berganti dari Suzuki dan akhirnya menjadi Yamaha, Honda tetap nomor satu. Itu di Indonesia brosis. Bagaimana di belahan dunia lain? Monggo saja sampean browsing untuk lebih jelasnya. Dan yang saat ini saya bahas adalah India. Mengapa India? Yups…disana nasionalisme biasanya terjaga dan produk terlakupun biasanya juga merk-merk dari negeri India sendiri.

Logo Hondaa
Tapi kali ini berbeda brosis, per Juli 2014 kemarin Honda India mulai merangsek dan catatan motornya melebihi Bajaj India. Entah apa yang menyebabkan itu terjadi, tetapi Motorbeam memperkirakan bahwa hal itu terjadi karena Honda India full memasok kebutuhan roda dua di India. Jumlahnya mencapai 147.746 unit untuk negeri India sementara ekspor hanya 10.000 unit. Sementara Bajaj rupanya terpecah antara produksi domestik yang hanya 123.086 unit dan ekspornya yang lebih besar yaitu 169.755 unit.
Motor Honda India 1
Dari sinilah terlihat akhirnya Honda seperti mendapat angin, karena Bajaj justru mementingkan eksportnya, sementara pertahanannya di negeri sendiri justru kalah banyak dibanding Honda. Secara keseluruhan produksi memang sebenarnya Bajaj masih memimpin, tapi entah apa yang menyebabkan kebijakan Bajaj sehingga justru menomorsatukan ekspor dibanding kepentingan domestiknya.
Motor Honda India 2
Kalau di Indonesia dari yang kita lihat pada semester pertama tahun 2014 ini, Honda Indonesia alias AHM menguasai sekitar 62% pangsa pasar roda dua Indonesia. Untuk semester kedua ini entah apakah ada progress signifikan karena masing-masing pabrikan di Indonesia juga punya jagoan baru yang jelas memikat hati para konsumen. Yamaha dengan duo motor sportnya yaitu R25 dan R15 adalah produk paling akhir sampai saat ini. Sementara AHM akan memperkenalkan CBR150R pada hari Minggu tanggal 7 September besok. Tentunya semua punya kans dan peluang untuk menggaet konsumen. 🙂

Gimana kalau menurut sampean kejadian di India tersebut?
Padahal Honda India juga sudah cerai dengan Hero.
Pertanda apa nih…Bajaj malah mementingkan ekspor

Pict : from Google
Artikel Terkait

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 4 September 2014, in Uncategorized and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 10 Komentar.

  1. behhh… raksasa tenan

    Sent from my android device.

  2. alasan paling kuat : nasionalisme senang barang buatan negeri sendiri. ga ada faktor lebih dominan lain wes

  3. This post is worth everyone’s attention. When can I find out more?

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: