Iklan

Air dan Kehidupan, Dua Hal Yang Tak Akan Terpisahkan

Aqua by Danone

Aqua by Danone


Nyobamoto.com-BroSis…
Air adalah sumber kehidupan, tak akan pernah yang ada menolak bahkan membantah ungkapan ini. Dalam kehidupan sehari-hari air sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari makhluk hidup yang ada. Baik itu manusia, hewan dan juga tumbuhan…semuanya memerlukan air. Dari situlah ungkapan diatas ada. Bahkan sebagaimana diketahui, air adalah faktor atau “komponen” paling dominan dalam kehidupan sehari-hari. Tubuh kita bahkan terdiri cairan dalam jumlah yang sangat dominan. Mulai dari isi kepala (otak), paru-paru, jantung dan tentu saja darah yang mengalir. Prosentasenya bahkan mencapai 80% lebih (CMIIW) pada organ-organ tertentu. Tentulah hal ini cukup perlu mendapat perhatian lebih dari kita selaku sosok pribadi. Apalagi untuk keseluruhan rakyat Indonesia yang berjumlah ratusan juta jiwa ini.

Sirkulasi Air

Sirkulasi Air


Dilain sisi juga seharusnya ada pihak-pihak yang turut ikut menjaga serta mengamankan aset utama yang menjadi hajat hidup orang banyak ini. Tidak semata-mata bahan bakar minyak (BBM) saja yang selalu heboh bila pasokannya berkurang, atau tidak pada batas kewajaran. Yang dimaksud adalah jumlah dan kebersihan yang seharusnya terjaga. Karena bagaimanapun juga selain hanya untuk digunakan diluar tubuh, air (yang bersih dan higienis) justru utamanya adalah untuk dikonsumsi. Hanya dengan air yang bersih dan baiklah maka kita juga akan sehat. Sebaliknya apabila kita mengkonsumsi air yang tidak sehat, bisa jadi penyakit akan datang dan kita akan terkena sakit tersebut.
Aqua_Wisata Limbah Selamatkan Air 1
Hal ini tidak melulu karena kesalahan kita selaku pribadi yang membutuhkan air sehat dan higienis. Kadang air juga tercemar oleh beberapa limbah dari buangan industri-industri yang secara kebetulan juga berada di daerah-daerah yang cukup vital airnya dibutuhkan oleh masyarakat. Perhatikan saja keliling lingkungan kita, benarkah sudah seperti layaknya pemukiman dan lingkungan yang sehat. Atau justru kita bermukim di area bahaya, bantaran sungai yang airnya benar-benar tercemar karena buangan limbah industri sebuah pabrik. Bila kita memang “terpaksa” tinggal di daerah rawan dan bahaya, sebagaimana DAS (Daerah Aliran Sungai) Brantas yang kondisi airnya banyak terkontaminasi limbah berbahaya seyogyanya kita tidak menggunakan atau tidak mengkonsumsinya sama sekali.
Aqua_Wisata Limbah Selamatkan Air 2
Air sungai yang tercemar tidak hanya dari satu sisi saja, melainkan bisa jadi seluruh ekosistem di sekitar situ juga telah rusak dan berbahaya. Ikan yang hidup di sungai bisa jadi karena limbah pabrik, juga akan sangat berbahaya manakala kita mencoba mengkonsumsinya. Tapi apabila lingkungan atau ekosistem tersebut baik, bisa dipastikan tidak akan ada masalah bila hasil dari lingkungan itu kita konsumsi. Aliran sungai semenjak dari mata air atau hulu seharusnya dalam kondisi baik dan sehat serta alami, sehingga saat terus ke hilir juga dalam kondisi yang bersih dan baik. Sayang sekali banyak diantara sungai di Indonesia kadang tidak “terpelihara” atau justru sangat kotor. Maka dari itu perlu ada pihak-pihak yang punya komitmen terhadap keberlangsungan sumber air semenjak dari hulu hingga hilir.
Aqua_Produk
Hal ini selaras dengan CSR (Coporate Social Responsibility) dari PT. TIRTA INVESTAMA yang memproduksi Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) AQUA. Program CSR ini dilakukan dimana merupakan bentuk kepedulian dari pihak pabrikan kepada lingkungan utamanya kepada masyarakat disekitar pabrik tersebut berada. Ekosistem dipelihara sehingga tetap pada level aman dan bermanfaat bagi warga sekitarnya. Seperti beberapa kegiatan yang ada berikut ini :
Aqua-CSR 01
Aqua-CSR 02
Aqua-CSR 03
Selain CSR dari perusahaan, kita sebaiknya juga semakin sadar dengan pentingnya kualitas air yang kita konsumsi dalam bentuk apapun. Entah untuk mandi, mencuci, makan dan minum atau untuk keperluan lainnya. Kegiatan semacam ini salah satunya sudah dipelopori oleh ECOTON. Ecoton sendiri berdiri semenjak tahun 2000 dan cukup punya andil dalam memberi pencerdasan serta pemahaman tentang perlunya air sehat kepada warga lingkungan, khususnya masyarakat disekitar sungai. Karena kerusakan sungai tidak hanya karena pendangkalan saja, melainkan juga karena imbas dari limbah-limbah industri yang ada. Ecoton selain melakukan pendampingan terhadap masyarakat agar lebih paham dengan perlunya menggunakan air yang lebih baik juga turut memberikan inputan kepada pemerintah agar lebih teliti dan ketat dalam pengawasan limbah industri.
Beberapa produksi PT. TIrta Investama

Beberapa produksi PT. Tirta Investama


Besar harapan agar apa yang sudah dilakukan PT. TIRTA INVESTAMA dengan segala program CSRnya juga yang dilakukan lembaga independen semacam Ecoton ini semakin banyak yang pada gilirannya memberikan kontribusi positif kepada warga masyarakat. Sebuah apresiasi perlu kita berikan manakala sebuah lembaga atau instansi ternyata tidak semata-mata mengejar profit, tetapi juga concern dengan lingkungan disekitarnya. Terutama bila menyangkut hajat hidup orang banyak. Hal inilah yang cukup membuat nyobamoto.com membuka mata dan hati dengan hal semacam ini. Semoga Indonesia semakin baik dengan hal-hal semacam ini. Amin…

Pict : from Google dan ngaBlogburit Aqua
Sumber : ngaBlogburit Aqua
Related Posts

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 30 Agustus 2014, in Industri, Opini and tagged , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. adakah jawaban dari aqua mengenai isu kandungan zat floride di dalam airnya ???

  2. sudah dilike dan ini komentarnya 😀

  3. semoga lebih peduli,
    yg lebih penting adalah bisa menyadarkan masyarakat akan lingkungan sendiri

  4. kehidupan itu sendiri dimulai dari setetes air,
    tubuh manusia terdiri dari …% air,
    sesuai dengan temanya,
    semoga menang 🙂

  5. arifah wulansari

    ternyata lebih seru ya ngablogburit yang d jawa timur, ada wisata limbahnya juga. tulisannya juga bagus. smoga menang ya mas:)

  6. tulisannya bagus….makasi sudah mampir ya

  7. –For slightly more stubborn stains, make a paste of baking soda and water, or talc
    with a diluted solution of bleach ammonia, or hydrogen peroxide.
    If that is the case, why is it that kitchen furniture
    is often last on the list of acquisitions for a new
    apartment or home. An overall approach should be to choose a kitchen design that’ll be
    aesthetically pleasing, efficient, and one that will serve the family well
    over a period of seven to ten years.

  8. Pak ngak bisa like, ngak pake wp hihihi,,,

    Eeh keren banget deh, lengkap banget, joss yaa pak.. Semoga menang 😀

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: