Iklan

Aneka Jajanan Lebaran di Desa Yang Enak Dinikmati. Gak Bosan Seperti Sajian Kota

Antari

Antari


Nyobamoto.com-Masbro Mbaksis…
Silaturrahim tahunan adalah hal yang insya Allah rutin dilaksanakan oleh umat muslim. Bahkan ketika harus bersilaturrahim jarak jauh sekalipun juga tetap dilaksanakan. Pada beberapa kasus, hal ini disebut sebagai mudik. Begitu pula dengan yang dilakukan oleh nyobamoto.com saat Lebaran kali ini. Masih seperti tahun-tahun sebelumnya, nyobamoto.com bersama keluarga beranjangsana ke saudara dan handaitaulan. Destinasi yang dituju adalah tempat-tempat keluarga dan orang-orang terdekat. Tempatnya juga tidak terlalu jauh yaitu masih di sekitar antara Kandangan dan Pare Kediri.

Kacang

Kacang


Saya tidak mbahas perjalanan yang saya lakukan, karena relatif lancar. Kan pake Pario. 😀 Tapi Orang tua dan beberapa saudara saya yang menggunakan mobil macet setelah Kasembon perbatasan sampai ke perempatan Kandangan dan masih terus sampai melewati Jembatan Baru itu butuh hampir 2 jam. Saya sudah sampai di rumah budé di desa Kemirahan dan sudah bisa sedikit ndlosor sembari menikmati jajanan khas lebaran di desa 🙂 Jajanan atau sajian lebaran inilah yang saya soroti. Karena di rumah saya atau lebaran di Malang, akan jarang sekali menemukan jajanan macam ini.
Rengginang

Rengginang


Sebutan atau nama memang ada beberapa yang berbeda dan tidak persis sama sekali. Tapi beberapa yang lain ya memang sama persis. Saya suka banget dengan kripik gadung dan rengginang. Entah nama untuk daerah lain sama atau tidak 🙂 Yang jelas hadir di meja seharusnya dinikmati. Ada pula Antari yang berbentuk seperti bintang atau cahaya mentari. Pisang goreng, tape ketan hitam, dasn segala macam jajanan khas desa seperti jenang, tetel (apa ya nama lainnya), kacang rebus, juga tersaji.
Pisang Goreng

Pisang Goreng


Untuk melancarkan masuk ke dalam tenggorokan dan kerongkongan disuguhkan kopi atau air mineral. Dibeberapa saudara hadir pula sirup. Hemmm…sungguh sajian yang mungkin justru jarang bisa kita nikmati manakala hari-hari biasa. ATaupun kalau kita berlebaran di kota akan beda sajian “menu jajanan” yang ada. Paling-paling kita akan bertemu nastar, kastengel, putri salju, kacang goreng, kacang menté, atau blinjo dan sejenisnya. Terlihat kan sangat kontras dan berbeda sekali?
Tape Ketan Ireng

Tape Ketan Ireng


Hal-hal kecil macam beginilah yang membuat saya selalu senang melakukan perjalanan silaturrahim ke saudara dan rekan-rekan saya. Apalagi saat waktu lain saya juga berkunjung ke Dusun Plumbang Desa Pandansari Kecamatan Ngantang. Lokasi ini adalah termasuk yang sangat parah terkena semburan abu Gunung Kelud beberapa waktu yang lalu. Di tempat ini saya menyelesaikan sekolah TK dan SD saat ayah saya berdinas di PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) Selorejo. Atau lebih terkenal dengan bendungan Selorejo. Insya Allah saya masih akan terus senang dengan jajanan-jajanan desa utamanya yang saya nikmati saat saya kecil.
Jenang

Jenang


Adakah brosis yang merasakan hal yang sama dengan saya saat lebaran tiap tahun? Setidaknya dalam hal menu atau sajian jajanan desa? Monggo di gelar jajan-nya di kolom komentar 😀
Kopi sebagai pelicin :)

Kopi sebagai pelicin 🙂


Pict : dokumen pribadi Nyobamoto.com
Artikel Terkait

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 9 Agustus 2014, in Traveling and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. jenang kro tape ne enak kui 😀

  2. kurang ki…
    kripik gadung

  3. keciputan karo kacang gronongane kok ga onok?

  4. tape ketan ireng cucok karo jadah/tetel
    endi madumongso-ne??
    eh lali, sepurane sing kathah nggih mbah..

  5. Kue Antari klo di Lampung namanya Kembang Goyang. Tapi blm 100% bener jga mas soalnya yg blng namanya kembang goyang it bkn masyarakat tpi calon ibu mertua hehehe… Dinamain kembang goyang krn cetakan bntk kembang yg dipasang di ujung besi kecil. Prosesnya cetakan dicelup ke adonan trus dimasukin ke wajan. tunggu bntr trus digoyang biar adonan lepas dri cetakan. Makanya namanya kembang goyang

    • Wooo…
      Dengan maksud yang sama, tapi
      Penamaan yang jauh berbeda…

      • Menurut saya enak koq kue antari atau kembang goyang. Kriuk2 n manis rasa pisang. Cma klo di Lampung gak da yg khusus bikin trus dijual. Bahkan klo di Lampung dan pengalaman 2 thn di Jkt, kue antari atau kembang goyang msk kategori jajanan kampung. Saya sih gak perduli mau jajanan kampung kek kota kek luar negeri kek luar angkasa kek klo mank enak ya hajar bleh hehehe

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: