Iklan

2014 Adalah Tahunnya RC213V? Telak Banget Nih 9 Seri Dikuasai MM

Satu hati one heart di RC213V 2014
Nyobamoto.com-Masbro Mbaksis sekalian…
9 seri balapan paling bergengsi dari kelas para raja atau motoGP sudah diselesaikan. Semua mencoba peruntungan baik dari tim maupun pebalap, mulai dari tim pabrikan, satelit bahkan kelas khusus yaitu open class selaku pengganti CRT pada tahun sebelumnya. Tapi melihat progress yang berkembang, lambat laun menjadi tanda tanya super besar untuk kita selaku penonton gelaran sirkus di sirkuit ini. Bagaimana tidak…lha 9 seri sampai saat ini, atau separuh perjalanan dari 18 seri yang dilombakan, semua hasilnya Marc Marquez podium 1. Ada apa ini gerangan?

Pembalap Tim Repsol Honda -Dani Pedrosa & Marc Marquez-

Pembalap Tim Repsol Honda
-Dani Pedrosa & Marc Marquez-


Sekedar mencoba menganalisa dari sudut mata plus kacamata nyobamoto.com 😀
1. Honda RC213V (motor)
Dari sisi motor, siapa yang tidak tau dengan progress motor ini. Semua mengakuinya, bahkan dari sisi lawan atau kompetitor sekalipun. Seorang Suhei Nakamoto yang merendah sekalipun tentang motor ini justru bisa jadi, dia sedang menyembunyikan ketangguhan sesungguhnya dari motor prototype Honda tersebut. Jadi kompetitor terlena. Padahal engineer Honda bekerja mati-matian untuk terus memperbaiki kemampuan RC213V.
2. Repsol (sponsor)
Support dari produsen oli Spanyol ini yang tidak pernah kendor. Sementara tim dan motor lain berganti-ganti sponsor utama, Tim yang akhirnya bernama Repsol Honda ini anteng dalam riset. Karena salah satu gelontoran dananya sudah manteb dan nggak dibingungkan lagi dengan berganti-gantinya sponsor. Repsol dan Honda sudah 20 tahun bersama. Bandingkan dengan tim lainnya !!!
3. Rider (Pebalap)
Se-Pemantauan saya, pebalap-pebalap Tim Repsol Honda lebih kalem. Tidak mudah menuntut. Meskipun ada keinginan-keinginan tapi tetap tidak frontal terlihat seperti pada tim lain. CMIIW. Bahkan Tim Repsol Honda sempat memasang 3 rider dalam satu musim (Casey Stoner, Dani Pedrosa dan Andrea Dovisiozo). Tidak ada gejolak yang berarti. Sehingga musim ini dan musim depan (4 tahun) cukup lama bagi pasangan rider bersama dalam satu tim. Kekompakan meski dalam persaingan ada, tapi bukan permusuhan.
4. Seamless Shift Gearbox (SSG)
Dari banyaknya berita yang ada, SSG pada Honda RC213V dikatakan sudah mencapai tahap sempurna pengembangannya, bila dibandingkan dengan milik Yamaha M1 dan Ducati Desmosedici. Padahal SSG ini terlihat cukup mumpuni menopang performa pebalap yang ditunjang oleh kemampuan mesin yang di-pacunya.
Ilustrasi : Seamless Shift Gearbox (SSG)

Ilustrasi : Seamless Shift Gearbox (SSG)


Hal-hal seperti diatas ini yang mungkin membuat tahun 2014 sangat moncer buat Tim Repsol Honda. Dengan pebalap Marc Marquez sudah 9 seri dikuasai, tanpa memberikan sedikitpun untuk rider tim lain. Tahun lalu (2013) bahkan setelah mencetak Triple Crown…terlihat bahwasanya tahun ini bisa jadi Triple Crown hadir lagi dalam genggaman Tim Honda. Kurang lebih itu menurut sudut pandang dan kacamata saya brosis.

Gimana kalau nurut sampean? Ada beberapa orang yang mengatakan bosan dengan kondisi Tim Repsol Honda yang terlalu dominan. Atau RC213V nya yang dominan? Atau Marc Marquez yang dominan? Monggo opininya di kolom komentar 🙂

Pict : from Google
Related Posts

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 15 Juli 2014, in motoGP, Opini and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 31 Komentar.

  1. basis motor yg ok punya, dikilik oleh team yg handal dan ditunggangi oleh pebalap yang masih muda (nyali gede dan skil ok punya). pebalap bangkotan aja sampai gemeteran kalau dog fight dengan mm93.

  2. Mnrt sy performa RCV & M1 sangat seimbang, yg membuat pembeda adl faktor Marquez, nyali gede, skill komplit trs pantang menyerah smp garis finish last lap.

  3. motor mungkin,sedikit membantu,tapi menurut saya,tetap faktor utamanya MM,pembalap satu ini sebelum naik ke MotoGP jg udah keliatan mendominasi kok,start paling belakang jg dia bisa juara,coba,ada gak pembalap lain bisa seperti itu?

  4. Pasrah….

  5. kapan om bisa test ride 😀

  6. jadi sampai pertengahan ramadahan m1 msh puasa dong,

    hebat banget om

  7. kata komeng, yang lain semakin paassrraaaahhhhh…..mbah…

  8. ntah karena apa sekarang saya sedikit bosa liat motong gp. mungkin honda yang terlalu joss atau yang lain sulit mengejar yakk… yang pasti saat ini motong gp gampang ketebak seperti F1 era Schumacher…

    • Bisa jadi enjiner Honda sedang diatas angin
      Dan secara tekhnologi mungkin sementara leading

      Pebalap utamanya juga sedang mantab²nya
      Arék enom…gak duwé wedi…yo iku Markus 😀

  9. semakin menggila tuh 😮
    —————————————————
    Ini Dia Motor Bermesin Jet
    http://rpmsuper.com/2014/07/16/motor-bermesin-pesawat-jet-tempur/

  10. Yg bisa merepotkan mm ya dp
    Vr sebenernya sadar, poin dia sempat kejar2an ama dp gara2 dp sempat abis operasi dan akibat dp senggolan ama mm ketika di barcelona itu

    Alias krn faktor luck doank
    Jl? Ah sudahlahh, terlambat buat bertarung musim ini

  11. Reblogged this on Arya D'Cyber and commented:
    para Yamaha pada minder deh… :v

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: