Iklan

Fakta Membuktikan, Sirkuit Catalunya Masih Dalam Genggaman Yamaha

Lorenzo - Rossi

Lorenzo – Rossi


Nyobamoto.com-Masbro Mbkasis sekalian…
Dari Sirkuit Mugello Italia kemarin, akhir minggu ini kita akan melihat jagoan-jagoan balap berupaya menang di Sirkuit Catalunya Spanyol. Seperti diketahui Spanyol adalah home race atau tanding kandang bagi para matador Spanyol yaitu Marc Marquez, Jorge Lorenzo dan tentunya Dani Pedrosa. Banyak yang menunggu aksi ini semakin seru seperti yang terjadi di Mugello dua minggu lalu. Dimana kita sebagai penonton dipaksa menahan nafas untuk sekedar melihat aksi saling overtake dari Marquez dan Lorenzo. Itu di Mugello. Bagaimana dengan di Catalunya akhir minggu ini?

Juara Catalunya 2001-2014
Seperti terlihat pada data diatas ini. Jaman GP500 motor Valentino Rossi Honda NSR500 yang 2 tak itu masih terdepan di tahun 2001 & 2002. Tapi semenjak berganti menjadi motoGP dengan motor 4 tak kedudukan juara atau podium satu seperti berbalik. Mayoritas dipegang oleh Yamaha YZR M1. Pertama kali menjadi motoGP langsung Ducati dibawah Loris Capirossi memimpin pada 2003. Tapi setelah itu, berturut-turut selama 3 tahun (2004-2006) Valentino Rossi menancapkan kukunya di Sirkuit Catalunya Spanyol ini. Dominasinya disini justru mengalahkan pebalap tuan rumah.

Berikutnya tahun 2007 Casey Stoner yang tahun pertamanya menggunakan Ducati juga bisa menang. Tahun 2008 Dani Pedrosa pengguna Honda akhirnya untuk pertama kali meraih kemenangan di Catalunya setelah absen lama, yang diraih Rossi saat menggunakan GP500. Tahun 2009 Kembali lagi Catalunya dikuasai oleh The Doctor Rossi. Tahun berikutnya 2010 Jorge Lorenzo mengambil alih dari Valentino Rossi, dan dia adalah penunggang Yamaha M1. Baru pada tahun 2011 Honda berhasil menang lagi melalui Casey Stoner yang pada tahun 2011 memang dominan sekali di beberapa sirkuit sehingga dia juga meraih Juara Dunia. Tapi pada tahun 2012 dan 2013, Catalunya benar-benar takluk dibawah Jorge Lorenzo yang secara berturut dapat menaklukkannya.
Jorge Lorenzo Valentino Rossi
Dari rekam jejak diatas, dapat dismpulkan bahwa dalam balap modern 4 tak motoGP, Sirkuit Catalunya benar-benar dikuasi secara telak oleh Yamaha YZR-M1. Raihannya cukup moncer yaitu 7 kali. Sementara Honda dan Ducati masing-masing hanya mencatatkan 2 kali saja. Benar-benar jauh dibandingkan Yamaha. Maka dari itu banyak sekali pengamat motoGP masih mengunggulkan M1 di sirkuit Catalunya. Sepertinya layout sirkuit benar-benar cocok dengan motor Yamaha, sementara kurang sip untuk Honda dan Ducati.

Gimana BroSis?
Sampean sepakat dengan asumsi beberapa portal media yang masih menjagokan M1 di Catalunya dengan data yang ada? Monggo opini dan analisa sampean di kolom komentar 🙂

Pict : Edit from Google
Related Posts

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 12 Juni 2014, in motoGP and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink. 28 Komentar.

  1. Cuma rekor fastest lap dan top speed kepegang honda. Dgn kekonsistenan Marques sekarang, sptnya dia lagi yang menang.

  2. kyknya race bsk bakal seru, dn banyak aksi overtake-nya

  3. Kali ini dukung Honda dulu, biar dapat 100 kemenangan 🙂

  4. utk saat ini MM93 msih terlalu tangguh buat smua rider motogp dengan asumsi cuaca cerah….so kemungkinan besar MM93 msih melaju lebih kencang dri yg lain

  5. Mau dimanapun racenya, saya tetep jagoin lorezo 😀

    Topspeed Honda kharisma th 2005 tembus 160 km/h “on speedo” standart 😀
    http://ferboes.com/2014/06/11/topspeed-honda-kharisma-2005/

  6. kali ini mm akan menaklukannya 😀

    ————————————————-
    Penyebab & Akibat Rantai Kendur
    http://rpmsuper.wordpress.com/2014/06/12/penyebab-rantai-cepat-kendur/

  7. lha wong musuhe cuma rc 125 yo menang m1 😉 kwabooooorrrr….

  8. dukung MM93 mecahin rekor dulu :mrgreen:

  9. Excellent post. I’m experiencing some of these issues as well..

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: