Iklan

YFR Merasa Rugi Pasok Sasis dan Swing Arm ke NGM Forward Racing?

YZR-M1 motoGP livery Movistar

YZR-M1 motoGP livery Movistar


Brosis…
Keluhan setelah balap Austin yang kita tau adalah mengeluhnya Valentino Rossi yang merasa kehilangan grip bannya. Tidak hanya dia, tapi juga beberapa pebalap lain. Tapi sedikit aneh malah Duo Repsol yang tidak mengeluhkan masalah ban sama sekali. Dan sampai dua race kemarin tim Repsol Honda sementara masih enjoy, entah kalau nanti di race-race selanjutnya. Tapi ternyata keluhan ini tidak hanya menghinggapi duo pebalap YFR. Bahkan seorang Lin Jarvis pun juga galau.

Aleix Espargaro NGM Forward Racing

Aleix Espargaro
NGM Forward Racing


Seperti sampean ketahui, bahwasanya beberapa tim mempunyai tim pabrikan. Sementara mereka di back up oleh tim satelit yang masih menggunakan enjin yang sama walau tidak identik 100% seperti milik pabrikan. Selain itu untuk musim balap 2014 ini ada motor-motor balap yang hampir pasti berbeda banyak dengan motor pabrikan dan terkelompok sebagai kategori Open Class. Kategori ini berlaku seiring dengan pihak Dorna Sports mengganti kategori CRT yang dinilai terlalu lambat bila dibanding dengan motoGP.

Dari kategori OC ini muncul pebalap yang sering membikin takjub semua elemen di motoGP. Baik tim pabrikan, pebalap, media maupun penonton. Bagaimana tidak, seorang Aleix Espargaro yang notabene hanya joki motor OC sering kali mengacak-acak barisan depan. Bahkan di Losail Qatar dia berhasil finis di posisi ke empat. Atau hanya kalah dari tim pabrikan kelas alien. Ternyata setelah dua race, mulai diketahui bahwa ada beberapa aspek yang menyebabkan AE bisa kompetitif dan menyodok barisan depan.

Lin Jarvis Managing Director Yamaha Racing

Lin Jarvis Managing Director Yamaha Racing


Beberapa hal tersebut adalah :
1. Dia pebalap OC dengan semua syarat sebagai pebalap OC dan regulasi OC
2. NGM menyewa kepada YFR mesin M1 (tentu tanpa SSG dan klep khusus)
3. Ternyata sasis yang dipakai tim NGM Forward Racing masih sama plek punya YFR.

Hal diatas inilah yang rupanya membuat sang Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis akan merubah kebijakannya. Diakuinya bahwa paket yang YFR sewakan kepada NGM Forward Racing bisa dikatakan cukup komplit, tapi hal itu tidak akan terjadi pada musim 2015 mendatang.

“Kedua belah pihak sudah punya pemahaman yang jelas, bahwa sasis dan swingarm yang kami suplai tahun ini bertujuan agar mereka bisa langsung melaju cepat, karena proyek mereka begitu baru,” ujarnya.

Sementara itu untuk memasuki musim 2014, sejatinya NGM Forward sudah berniat untuk menggunakan sasis buatan FTR. Tapi karena dirasa proses pengembangannya terhambat, mereka akhirnya menggunakan sasis milik Yamaha.

“Tahun depan, mereka harus mencari dan menggunakan sasis dan swingarm mereka sendiri. Mereka juga sudah paham soal itu. Jika mereka tak bisa bekerja sama dengan FTR, maka mereka harus mencari pabrikan sasis lainnya,” tutup Jarvis.

Lhaaa…paham kan brosis?
Ternyata Aleix sementara ini joss gandoss itu karena selain ikutan regulasi OC, juga didukung enjin mumpuni punya M1. Lha dalah ternyata malah sasis M1 yang terkenal sangat nyaman dikendalikan bahkan ditekuk-tekuk itu ternyata juga masih ikut. Walahhh…ya mesti saja kalau Aleix begitu kompetitif melawan tim pabrikan. Lha wong motornya saja motor pabrikan. Bahkan poinnya aja sementara masih mendingan daripada Jorge Lorenzo, pebalap tim biru Yamaha Factory Racing 😀

Monggo opini sampean kalau sampai NGM Forward Racing masih pakai mesin M1 tapi pakai sasis yang berbeda. Masihkan Aleix Espargaro kompetitif seperti sekarang? Monggo ditulis di kolom komentar 😀

Pict : from Google
Related Posts

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 17 April 2014, in Yamaha and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 31 Komentar.

  1. bisa lebih jozz mungkin..

  2. aku blom byk ngeh mas soal MotoGP, blom pernah nonton

    kalau di kampungku sini pas musim panas, byk berseliweran Motor Motor kayak di atas 😛

  3. lho emang dari awal forward racing udah dikasih paketan YZR M1 spek 2013 kok om…aturan baku open class hanya di ECU dari Dorna, maka dapat kompensasi bensin lbh banyak, ban lbh soft. jadi kalo kemaren HRC dan YFR pake ECU dorna ya semua akan menjadi open class… dan itu diperbolehkan. CMIIW
    http://78deka.wordpress.com/2014/04/17/k45-bakalan-jadi-produk-global/

  4. Rekan2 blogger sudah dapat undangan launching Yamaha R15?
    http://motobikerz.com/archives/3289

  5. anget-anget bubur ayam mbah..

    joss pas free practice tapi pass race lembek

    Berita lokaliosasi CBR150R sepertinya lumayan menutup gaung launching indent Yamaha R15
    http://sijidewe.com/2014/04/17/setrategi-kebakaran-jenggot-yang-lumayan-manjur-ala-ahm/

  6. antara takut kalah dan takut rugi…

  7. I just like the helpful info you provide on your articles.

    I’ll bookmark your blog and test once more here
    frequently. I’m fairly sure I will be informed plenty of new stuff proper right here!
    Good luck for the following!

  1. Ping-balik: Performa Open Class Yamaha Hebat, Tapi Keder Dengan RC213V-RS | WIRO NyöbaMôtö

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: