Iklan

Mempertanyakan, Mengapa Montor Njendul Yang Dikeluarkan YIMM?

Yamaha

Yamaha


BroSis…
Pagi ini artikel kang Iwanbanwaran lepas dengan membahas masalah YIMM yang memproduksi ulang Vixion generasi 1. Sebuah pertanyaan memang sempat membuat nyobamoto.com berfikir ketika hal ini juga diperkuat bincang² di grup WhatsApp. Karena YIMM memutuskan untuk menjual yang tentunya setelah memproduksi ulang motor ini. Bahkan sempat terbersit, mengapa harus motor ini yang diproduksi ulang? Padahal jelas motor ini sudah di discontinue atau stop produksi. Mengapa tidak langsung aja proyek mercusuar yang oleh beberapa “pengamat” dibilang pasti mantap?

Yamaha New V-Ixion Red Lightning
Kita semua pasti paham, gempuran Honda di segmen motor sport 150cc memang sudah begitu massive. Tidak tanggung-tanggung brosis. Setelah Honda dihajar Old Vixion dan akhirnya Tiger serta MegaPro Primus kelabakan. AKhirnya mereka bangkit dengan tekad merebut kembali tahta motor sport itu. NMP cukup lumayan ketika dibenturkan dengan Byson. Bahkan saat ini terbilang masih satu langkah didepan. Mengapa? Launching gen awal NMP dan Byson relatif sama. Pada Agustus-September 2010. Dan saat ini NMP sudah mengadopsi FI dan cakram belakang, sementara Byson belum disentuh oleh YIMM. Sangat disayangkan bukan?
Old Vixion dengan Tangki Njendul Masak ini rilis lagi?

Old Vixion dengan Tangki Njendul
Masak ini rilis lagi?


Untuk segemen lebih tinggi sedikit, Vixion masih gagah disinggasananya. Tapi saat semua mulai bosan, maka Vixion mengalami transformasi lebih dengan parts yang lebih eksotis yang tidak terpasang pada Old Vixion. Ban gambot, speedometer digital dan tanki rata adalah transformasi yang sangat bagus dari suksesor Old Vixion. Sehingga New Vixion masih tetap moncer. Tapi era berganti brosis. Honda yang malu digebuk Vixion, mulai menata strategi lebih jitu. Honda memasang mesin tempur yang head to head langsung dengan New Vixion, yaitu Honda CB150r Streetfire. Motor ini secara head to head memang ditujukan untuk meredam keperkasaan New Vixion dari sisi penjualan tentunya. Tapi strategi Honda tidak berhenti sampai disitu. Selepas Lebaran 2012 saat New Vixion diperkenalkan dan lawan sepadannya CB150r Streetfire juga diperkenalkan, YIMM terlena karena angka New Vixion masih bagus. Ternyata Januari 2013 AHM merilis pelapis sport 150cc ini, dengan nama Verza 150 dan ditempatkan dibawah NMP serta Byson.
Ini Old Vixion dan New Scorpio Z di depan NVL

Ini Old Vixion dan New Scorpio Z di depan NVL


Dalam kurun waktu satu tahun, ternyata kehadiran Verza yang menempati segmen low level justru mendapat sambutan dari masyarakat karena harganya yang murah. Sehingga padu padan ketiga sport Honda-AHM ini mulai meresahkan YIMM yang cuma punya New Vixion dan Byson. Bahkan Januari-Pebruari 2014, untuk motor sport sudah direbut oleh AHM. Apa nggak langit serasa runtuh ini bagi YIMM? Dan Maret ini, dijamin kalau orang-orang YIMM pada nggak bisa tidur. Takut kalau catatan atau data AISI mereka buruk. Dan ntah blunder atau apa, Maret ini Old Vixion diproduksi lagi untuk mendampingi New Vixion dan Byson.

Teruss, yang menjadi pertanyaan sekarang adalah :
1. Mengapa YIMM tidak segera saja mengeluarkan YZF R15 yang sudah digadang-gadang adalah panglima perang yang sakti mandraguna untuk menjaga tahta segmen motor sport? Belum saatnya?
2. Kalau yang dikeluarkan Old Vixion, apakah nggak mengganggu kapasitas produksi untuk motor sport? Atau New Vixion dikurangi? atau Byson yang dikurangi?
3. Mengapa motor njendul, alias tangki gak rata yang diproduksi lagi. Apakah ini bukan blunder?

Tapi semua itu sah-sah saja masbro mbaksis. Apalagi atas nama strategi pabrikan. Iya kan?
Gimana menurut sampéan semua? Ada tiga pertanyaan, monggo bantu menjawab di kolom komentar 🙂

Pict : from Google
Related Posts

Iklan

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 27 Maret 2014, in Yamaha and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 42 Komentar.

  1. wah aku baru tahu mbah kalau di produksi kembali

  2. 1. Vixion motor hebat
    2. kalo njendul dianggap kekurangan, lihat nomor 1 #eeehhh 😆

  3. Ouhhh mungkin sisa sukucadang utk oldvixi msh banyak

  4. yen jendhul iku penak mbah…coba nek roto…! ora ono rasane

    • ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
      ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
      ║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
      ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝
      Ada 3Snya…

  5. jawabannya adalah… semua untuk mengisi waktu lowong tenggat release R15. secara market… NVL ga dihajar habis2an oleh keroyokan honda…. nah setelah R15 muncul … maka prediksi saya… old vixi benar2 musnah… 😀

    titip yah

    http://pasukanredribbon.wordpress.com/2014/03/11/nvl-dijual-buat-beli-r15-makanya-beli-motor-jangan-karena-provokasi-orang-lain-tapi-dari-hati/

    • Oooo…
      Nice info 🙂
      Sekadar mengisi waktu menunggu jadwal R15 ya?
      ╔═╦╦╦╦╦╦╗
      ║╚╣║║║║║║
      ╠╗║║╔╬╬╬╣
      ╚═╩╩╝╚╩╩╝

  6. Kayaknya kapasitas produksi masih sisa banyak, jadi dimanfaatkan utk bikin old vixion. Sebenarnya suka model keluaran pertama, tenaga sama dgn nvl, cakram belakang, itu sudah cukup. Sukur2 giginya 6. Eh, sudah ada ya, cb150…

  7. yaah semuanya udah di komen…
    keabisan komen aku wes om

    yo wes agak maksa ae komennya

    masyarakat masih banyak yang belum bisa “move on” sama model vixion lama
    wkwkwkwkwkwk

  8. sama nasibnya kaya Lorenzo di Qatar…. kelabakan :p

  9. Mungkin ini jawabannya
    efisiensi.. buat menekan harga tangki R15… soalnya kalo tangki diproduksi lebih banyak kan harganya jatonya lebih murah..
    kaleeee

  10. Wonderful work! This is the kind of information that
    are supposed to be shared around the net.
    Shame on Google for no longer positioning this post higher!
    Come on over and visit my web site . Thank you =)

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: