Maling Makin Canggih, Cairan Setan Jadi Andalan Mbobol Motor dan Mobil

Maling motor beraksi

Maling motor beraksi


BroSis n nawak-nawak sekalian…
Opo gak tambah mangkel, kalau baca beberapa surat kabar atau ngenet, “menceritakan” kepandaian maling yang saat ini makin beringas. Hanya karena kecerobohan pemilik, motor sudah hilang. Belum lagi PARA MALING yang sudah meng-UPDATE pengetahuan mereka. Entah mereka belajar dari mana, yang jelas update terbaru, poro maling sudah tidak menggunakan kunci T sebagai alat untuk mbongkar kunci kontak. Tetapi cairan kimia yang menjadi andalan saat ini. Padahal menurut beberapa pihak cairan ini tidak dapat dibeli secara langsung, melainkan meramu atau mencampur terlebih dahulu.

Maling Motor Cara Baru
Detailnya saya kutip dari otomotifnet.com :

Menilik sisi teknis cairan setan, insinyur dan peneliti Universitas Indonesia membenarkan. “Memang ada sejenis cairan asam yang bisa melunakkan logam,” ujar Dr. Ir. Myrna Ariati, MSi, kepala laboratorium metalografi Departemen Metalurgi dan Material Fakultas Teknik Universitas Indonesia yang ditemui OTOMOTIF. Cairan ini bersifat sangat korosif sehingga logam bisa melunak dan rusak. Terutama logam baja dan alumunium. Kemungkinan besar, logam inilah yang ada di dalam rangkaian kunci. Uniknya, untuk mendapatkan cairan ini, tidak bisa langsung dibeli. “Harus mencampur dulu beberapa cairan,” sambung Zainal Arifin, staf dan teknisi laboratorium.

Cairan pun efektif hanya beberapa menit setelah dicampur. Setelah itu menjadi tidak reaktif. Pengaruhnya pada logam pun tergolong singkat. “Paling hanya sekitar 5 menit efektifnya,” yakin Zainal. Untuk mengetahui efeknya pada kunci, OTOMOTIF membawa satu set kunci orisinal salah satu skutik. Karena sulit melihat reaksi di dalamnya, disiapkan juga sebatang logam baja untuk melihat kondisi aktual setelah diteteskan cairan ini.

Tak menunggu lama setelah cairan dicampur, langsung diteteskan dengan pipet kaca. Bagian luar lubang kunci sontak berasap dan cairan di dalamnya seperti mendidih pertanda ada reaksi. Pun demikian ketika diteteskan pada batang logam. Anak kunci dimasukkan untuk melihat apakah cairan masih bereaksi. Ternyata logam pada anak kunci pun seperti terbakar. Mirip seperti batang besi yang menjadi coklat seperti terbakar akibat oksidasi. Setelah dibiarkan, dicuci dan dikeringkan, logam kembali bisa dipegang. Pasalnya, cairan tadi juga berbahaya bagi tangan. “Menampungnya juga harus pakai gelas atau botol kaca. Tidak bisa pakai plastik,” lanjutnya.

Melihat percobaan ini, cukup mengerikan karena logam berpotensi melunak dan mudah terdeformasi saat kena cairan. Namun bisa kembali keras setelah efek cairan hilang. Salah satu antisipasi, adalah meng­gunakan material logam yang tahan ko­rosi. “Misalnya dengan menggunakan bahan stainless steel,” saran Myrna. Sulit memang, karena pasti berkaitan dengan produksi kendaraan. Kita pun bisa melakukan antisipasi. “Mungkin bisa menambah kunci ganda atau memberi pengaman starter,” cetusnya. Maling memang tambah pintar, namun kita juga bisa lebih cerdik, bukan?

cairan setan berhasil melelehkan logam
Terlihat bukan masbro mbaksis, ganasnya cairan yang dipergunakan maling motor ini? Hanya membutuhkan beberapa detik saja, motor yang diincar sudah bisa diambil. Bayangkan bila hal ini semakin menjadi-jadi. Tidak hanya motor, bahkan mungkin mobil, gembok pagar dan kunci rumah kita bisa dengan mudah dibobol maling. Gimana solusinya? Ikhtiar tiada henti masbro kalau menurut nyobamoto.com pribadi. Meski tidak menjamin 100% tapi setidaknya kita punya usaha untuk mengamankan kendaraan kita. Yang beli cash atau kredit tetap sama-sama susah kalau kendaraan yang diupayakan dengan keringat mati-matian itu lenyap begitu saja. Pasang minimal gembok atau kunci ganda. Entahlah bagaimana caranya, yang penting memperlambat kejadian pencurian. Bila ada uang berlebih, cari skema pemutus aliran listrik kendaraan sehingga kendaraan tidak bisa digunakan. Atau beli alarm yang saat ini harganya juga murah. Terakhir bila ada, pasang GPS tracker untuk mendeteksi keberadaan kendaraan. 😀
maling-motor-pakai-cairan-setan-tinggalkan-kunci-t
Di pihak lain, POLISI juga sudah bergerak dengan mengawasi toko-toko penjualan barang kimia. Dan pembelian bahan-bahan tertentu diperketat. Karena yakin seperti tulisan saya diatas, kalau dibiarkan, bukan hanya kontak motor yang dibobol, melainkan kunci mobil, gembok dan kunci rumah kita. Makin hancur kalau begitu. Dan berharap, pihak produsen atau ATPM R2 dan R4 juga meningkatkan kemampuan pengamanan pada masing-masing kendaraan itu. Kunci kontaknya dibikin yang tidak mudah meleleh atau rusak karena cairan setan itu…CMIIW

Jelas masbro mbaksis. Wedi atau nggak? takut nggak sampéan dengan motor sampéan raib? Monggo diupayakan dan di ikhtiarkan secara maksimal…

Pict : from Google
Related Posts

About nyobamoto.com

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 21 Januari 2014, in Motor and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 27 Komentar.

  1. makin sakti maling-e (opo makin pinter??? 😆
    waspadah..dan ikhtiar

  2. nyoh, cairan surga.. croth!!!

  3. Cairan Setan = Oplosan…xixixixi 😆

  4. teknologi yg makin canggih berbanding lurus dengan “kreatifitas” pelaku curanmor, yah mirip dengan virus komputer yang berbanding lurus dengan antivirusnya, IMHO
    http://irza4627.wordpress.com/2014/01/19/test-ride-vario-125-part-2/

    • ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
      ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
      ║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
      ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝
      Suwun masbro opininya…
      Bener sekali…

  5. Aku yo nduwe cairan setan.. 😆

    Btw. Ada gak ya gembok yg tahan cairan itu mbah? Ngeri klo tau berita gini.

  6. Nice info.. makasih ya.. waduh…
    maksudnya kunci ganda di atas tu gimana mas? kalo pakai kunci cakram kan ya sama ae, mereka bisa bobol cepet juga.. kadang aku juga males pakai gembok cakram.. ribed.. hahaha 😀
    ada info jenis kunci pengaman yg ga rempong gak?

    • Itu dia masbro…
      Kita sudah pakai kunci ganda ternyata masih bisa dibobol
      Ingat kunci U untuk garpu/shock depan?
      Adik-ku motor digondol, sementara kunci U dan helm ditinggalkan
      Kan ngécé tuh maling…”lho bisa aku colong toh”? gitu kira² malingnya 😦

  7. Berpikirlah seolah2 km seorang maling. Dari itu ente bisa tau cara bobol nya. Klo dah tau cara bobol, kita bisa memperketat keamanan kendaraan kita.

  8. Harus di pasangin GEMBOK TAHAN SIKSA & ANTI CAIRAN SETAN seperti ini :

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: