Ini sms yang saat ini sering masuk ke nomor kita, SMS PENIPUAN!!

Artikel ini saya copas utuh dari FB, dengan penekanan² tertentu.
INFO PENTING !!! MODUS PENIPUAN PURA-PURA MEMBELI RUMAH

Hati² terhadap Penipuan

Hati² terhadap Penipuan


Ini kejadian yang saya alami sendiri. Saya memang menjual rumah saya di bekasi, saya upload melalui situs toko**gus.com. Tak sampai 2 hari ada yang sms saya dari 083896650947 dengan isi;

Maaf, sy ibu sulastri yg kemarin liat RUMAH nya, mrasa cocok dan berminat, jd untuk masalah harga silahkan hubungi suami sya. H.RIDWAN di no 081219164757. Trims.

Setelah saya hubungi nomor yang tertera, dia mengaku bernama Haji Ridwan. mengaku sudah melihat rumah saya dan merasa cocok, hari itu juga dia menawarkan dengan bahasa yang halus, (logat bukan jawa), untuk tanda jadi sebesar Rp 10juta. Malam itu juga dia mau transfer ke rekening niaga saya melalui MANDIRI dia ke NIAGA saya.

Ngapain sih nipu² npaké gelar segala?

Ngapain sih nipu² npaké gelar segala?


Singkat cerita, dia menelpon beberapa kali, karena saya dalam perjalanan ke rumah (1,5 jam), saya abaikan telpon nya. Sesampai di rumah, dia telpon lagi, dan minta saya untuk cek ke ATM, apakah uangnya sudah diterima, alasannya karena dananya besar. Sampai sini saya masih belum curiga, saya beranggapan, namanya ornag udah transfer pasti dia berkepentingan untuk memastikan keamanan uangnya. Sudah sampai atau belum. Saya jawab, saya akan cek ke CIMB CLICKS, karena saya punya akun online dari CIMB NIAGA, jadi transferan atau aktivitas apapun pasti terlihat. Saya cek, tidak ada perubahan dana. Dia telpon lagi dan menanyakan hal itu, lalu dia menanyakan lagi uang saya sebelumnya berapa dan sekarnag ada berapa.

Disinlah saya merasa tidak enak, ngapain coba dia menanyakan rekening saya, akhirnya tidak saya jawab, saya bilang saja yang jelas tidak ada perubahan saldo di rekening. Lalu dia ngotot untuk memaksa saya ke ATM, untuk cek langsung. Oke, saya turuti, karena ATM Niaga memang tidak terlalu jauh, setelah sampai, saya cek, memang tidak ada dana masuk sama sekali. Saya tidak membawa handphone, karena malas nih orang bawel sekali, pikir saya. Sampai di rumah, istri saya bilang bahwa orang tadi menelpon lagi dan dengan nada kurang simpatik, menanyakan kemana saya, berapa lama balik, trus kok tidak bawa handphone, trus apa ada handphone yang lain. Inti nya istri saya agak tersinggung atas nada suaranya yang tinggi.
SMS Penipuan Rumah 4
Disini kecurigaan saya menguat, tapi saya masih tidak yakin ini penipuan. Kemudian saya cek lagi cimb clicks, memang tidak ada. Dan dia (H Ridwan) nelpon lagi, dia bilang dia akan mengadu ke Mandiri Call, sementara dia menelpon, saya diminta untuk ke ATM Mandiri (bukan NIAGA) saja, agar dipandu untuk cek saldo dan transfer. Oke, saya ke ATM lagi, tapi kali ini ke ATM MANDIRI, sesuai permintaan si penipu ini. kemudian dia telpon lagi, dia bilang akan melakukan conference call (trimitra / telpon bertiga) ke Mandiri untuk pengaduan, kenapa dana 10 juta nya tidak bisa saya terima.

Saya dengar pembicaraan dia dengan “MANDIRI CALL” (saya beri tanda kutip).

‘halo mandiri call, saya yang tadi, ini pak rocky mau bicara’

NAAAHHH kecurigaan saya makin menguat, kalau anda pernah menelpon mandiri call, anda akan sangat kecil kemungkinan untuk mendapatkan operator yang sama setelah menelpon untuk kali kedua atau ke tiga, karena itu adalah layanan hunting, operatornya bisa 100-200 orang per hari. Mana bisa dia mendapatkan orang yang sama, harusnya dia memberi penjelasan ulang ke operatornya.
SMS Penipuan Rumah 2
Setelah itu orang mandiri call nya ngomong ke saya, dia menyuruh saya untuk cek saldo ATM NIAGA saya di ATM MANDIRI (bukan NIAGA), dan menyuruh saya mengucapkan saldo tersisa, tentu saja tidak saya turuti, lalu dia mengaku sistemnya mandiri memang sedang ada masalah, jadi saya diminta untuk pull (tarik) dana, melalui transaksi lain, lalu ada pilihan transfer dana, kepada rekening, dan jumlah, untuk jumlah, dia minta ketika angka 09837632, atau berapa saya lupa, perhatikan angka 0 yang diminta, saat kita mengetik angka 0 di menu jumlah yang ditransfer, maka angka 0 akan hilang, jadi akan tertampil 9837632, artinya adalah uang sembilan juta lebih!!

Dan bila anda pencet OK, maka TIDAK ada konfirmasi / layar yang bertuliskan bahwa ‘dana akan ditransfer sejumlah sekian ke rekening atas nama bla bla’, berbeda dengan bila kita cek di ATM Mandiri pakai kartu ATM Mandiri, pasti ada konfirmasi itu sebelum dana dikirim.

UNTUK ATM BERSAMA TIDAK ADA KONFIRMASI ITU SEBELUM DANA DIKIRIM!!!! HATI2!!!

Inilah yang dimanfaatkan penipu itu.
Untungnya, alhamdulillah di detik terakhir saya sadar bahwa ini semua adalah penipuan, saya juga terperanjat dan sampai keluar keringat dingin, saya tidak pencet tombol OK. Saya matikan telpon saya. Dana saya aman, tapi kurang dari satu langkah saja, saya akan kehilangan uang 10 juta rupiah… inna lilahi wa innailihi rajiunn….
Si penipu telpon lagi dan akhirnya saya maki2 habis2an, tapi telpon nya langsung ditutup. ….ya ampuuuunnn…. gumam saya…. sampai kasir di indomaret (gabung ama atm) nanya ke saya ada apa kok saya maki2…, saya ceritakan dan dia bilang pernah ada yang persis kaya saya, sampai nangis di depan indomaret… dia kehilangan 10 juta kurang, persis sekali dengan yang hampir saya alami… astaghfirullah…

Buat anda semua yang baca, hati hati akan hal ini yah, jangan sampai terjadi pada anda atau keluarga anda atau teman2 anda karena modus ini sudah marak… Si penipu ini niat sekali nipunya, dia membuat ‘MANDIRI CALL” palsu beserta operatornya yang juga penipu, sampai ada rekaman lagu mandiri call juga persis, dan ada ‘automatic tone’, yang kita disuruh pencet satu untuk indonesia/ inggris dll, baru tersambung ke operatornya, MIRIP!

Oiya silahkan share postingan ini, bukan hoax dijamin, dan nomor penipunya sekalian disebarkan, dan hati hati juga memasang iklan di situs http://www.toko**gus.com yang saya sebutkan tadi, cukup banyak mahluk biadab yang login yang siap sedia menipu ratusan mungkin ribuan yang posting disana. Semoga para penipu itu bertaubat, dan bapak polisi mengambil tindakan yang sesuai kaidah hukum di indonesia… amin… modus ini sering digunakan penipu untuk jual beli properti, mobil dan benda-benda berharga lainnya.
WASPADALAH!!

About Mas Wiro

Sedang belajar semua hal, terlebih belajar fotografi :) Baik dalam kesempatan perjalanan atau sharing dengan teman-teman... Semoga ada ilmu yang bermanfaat buat saya pribadi dan semuanya

Posted on 8 Februari 2013, in Blogger, Uncategorized and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 23 Komentar.

  1. sip ajib ,..nice inpoh kang 😀

  2. lapor aja sama yg berwajib mas,supaya tidak ada orang lain yg kena
    kan no ponsel bisa dilacak keberadaan nya oleh operator

  3. suwon mbah inpone. pelajaran baru buat kita,

  4. Sangat sering om modus penipuan macam gini. Sering-sering baca forum online aja. 😀

  5. emang sekarang modusnya begitu mas bro,
    pokoknya kalo jualan di TokoB,
    kalo ada yang nanyain rek. tutup aja langsung telponnya,
    belum apa2 kok udah nanyain rek. biasanya harga maen cocok aja,
    kalo pun nawar sedikit banget,
    terus gak peduli kondisi barang yang kita jual

    kesannya langsung jadi aja,,,,,jadi nipu,,,,,,,,,,,,,, gubrak,,

  6. sama om, saya jg pernah ada sms mirip spt itu tapi saya abaikan

  7. Ane pernah kena om tapi modusnya lain, untungnya cuma 300rb. Nih ane cerita, sorry rada panjang om.
    Suatu hari pas ane lagi nyetir tiba-tiba ada telpon masuk, dia ngaku bernama X anak foto (nama lengkap), kebetulan saya mengenal namanya di komunitas foto lokal. Dia mengaku nabrak orang n sekarang lagi ditahan di kantor polisi, dia minta bantuan ane minjemin sejumlah uang sebagai uang jaminan agar dilepaskan. Tak lupa ada pelaku lain yang berperan sebagai Polisi untuk meyakinkan ane. N setting suara di belakang penelepon kayak suasana kantor sehingga membuat kita yakin.
    Ketika ane tanya dia dapet nomer saya darimana, dia mengaku dapet nomer saya dari Z (n kebetulan Z nama teman saya juga di komunitas foto). Dia juga mengaku sudah minta tolong ke si A, si B, si C, dan nama-nama lainnya (dan memang nama2 itu saya kenal sbg teman di komunitas foto lokal) tapi katanya gak bisa bantu. Karena dia menyebutkan nama-nama yang saya kenal, saya jadi percaya kalo itu betul-betul teman saya. Si Pelaku beserta komplotannya yang berperan sebagai polisi berhasil membuat saya panik, apalagi saat nyetir itu hujan deras sekali n anak-anak di mobil rewel membuat sy sulit berfikir jernih.

    Si “polisi” meminta saya tidak menutup telepon karena pembicaraan telepon direkam sebagai jaminan. Tapi saya abaikan dan sy tutup teleponnya untuk konfirmasi ke teman2 lainnya. Ketika saya berusaha menghubungi Z (yg katanya ngasih no saya ke si penipu), si penipu berusaha menghalang2i dengan cara terus2an menelpon sehingga saya tak bisa menelpon ke luar. Belakangan saya sadar trik itu juga untuk mencegah ada telepon masuk menghubungi saya. Sampai akhirnya saya berhasil menghubungi Z, dia tidak merasa memberikan nomer saya ke si X. Dari situ saya sebenarnya mulai curiga, Tapi karena si penipu terus2an memohon2 dan karena dia juga bisa menyebutkan nama2 teman, saya jadi percaya n mentransfer sebesar Rp 300rb berbentuk pulsa ke nomor hp si “polisi”.

    Saya baru benar2 menyadari kalo saya tertipu setelah selesai transfer, saya dioper ke “polisi” lainnya, “polisi” yang satu ini bilang ada berkas yang harus ditandatangi dan ada biaya administrasi sejumlah Rp 500rb. Dari situ emosi saya memuncak dan langsung menutup hp. Si penipu tetap berusaha menelpon saya berkali-kali. akhirnya saya berhasil menelpon salah seorang teman foto, dsitu saya ceritakan kejadian yang barusan menimpa saya. Dan ternyata si penipu pun sebelumnya menelpon dia dan teman-teman foto lainnya dengan modus yang sama. Teman saya pun sudah berusaha menghubungi saya untuk memperingatkan, tapi hp saya sibuk terus karena keblokir oleh telepon si penipu yang bertubi-tubi. Saya lemas dan menelpon si penipu kemudian memaki-makinya, dan dia malah menertawakan saya setelah sebelumnya tetap berusaha meyakinkan saya untuk menalangi “biaya administrasi”.

    Lha terus darimana dia mendapatkan nomor saya dan nomor teman-teman saya yang lain??
    Nah, malam sebelum kejadian tersebut si penipu menelpon salah satu teman saya.

    P (penipu) : Hallo bro, gimana kabarnya??
    T (teman saya): Baik, maaf dengan siapa ya??
    P : Hayo siapa coba?? masak lupa lagi??
    T: Wah siapa ya, gak tau mas.
    P: Coba deh tebak, masak udah lupa ama temen sendiri

    setiap kali ditanya namanya, si penipu selalu mengelak n meminta teman sy untuk menebak namanya. akhirnya teman saya berusaha menebak.
    T: Ini Z bukan sih??
    P: Iya ini Z, masak lupa.
    T: Ini Z yang anak foto kan??
    P: Iya bener yg anak foto, tuh kan inget juga akhirnya. Gimana kabar teman2??

    akhirnya mereka berbasa-basi, cara bicara yang akrab membuat teman saya pun percaya kalo itu memang benar2 Z.
    P : Oh ya, aq minta nomor temen2 dong, hp-ku baru diservis jadi banyak nomor yang hilang nih.

    Karena percaya, akhirnya teman sy memberikan nomor teman-teman di komunitas foto. Dari sanalah si penipu mendapatkan nama dan nomor teman2 sy.

    Nah kira-kira sebulan kemudian, saya mendapat telepon dengan modus yang sama yaitu nyuruh nebak nama si penelpon. Karena saya udah bisa menduga kalo bakal nipu, giliran saya yang permainkan si penipu.

    Penipu : Hallo mas, gimana kabarnya. lagi ngapain nih?? sibuk gak??
    Saya : Baik mas, lagi santai aja. Maaf dengan siapa nih?
    P : Wah masak lupa lagi, hayo siapa coba??
    Sy: siapa sih? saya gak tau
    P : coba deh diinget-inget

    karena modusnya sama yaitu nyuruh nebak nama, sy langsung yakin ni bakal nipu. n saya ladenin aja 😀
    Sy : Kayaknya ni suara mas Rudi ya?? (asal nyebut nama aja)
    P : Iya betul ini mas Rudi (kalo saya nyebutin nama Toni, Ahmad, atau Wiro sekalipun pasti dia bakal mengiyakannya)
    Sy : wah gimana kabarnya mas Rudi?? Dah lama gak ketemu. Mbak Rini sendiri gimana?? (ini jg asal nyebut)
    P: Alhamdulillah udah punya momongan satu. Sekarang mbak Rini lagi mengandung lagi 4 bulan. Do’ain sehat-sehat ya.

    Saya ladenin si penipu layaknya saudara yang lama gak ketemu 🙂
    singkat cerita dia nawarin barang-barang BM, sy pura-pura minat n berjanji mau transfer. sy suruh tunggu dia smp jam 10 malam dengan alasan motor lagi dipinjem. Trus sy pura2 udah transfer. 15 menit kemudian dia bilang klo duitnya belum masuk n minta saya cepat2 transfer karena “Mbak Rini” udah nyuruh pulang. Dia minta sy ke ATM buat cek rekening. Tapi gak saya ladenin lagi n saya tinggal tidur. Dia berkali2 telepon tp ga saya angkat.

    SO, kalo ada nomor tidak dikenal nelpon kita n nyuruh kita nebak2 nama dia jangan diladeni ya.
    Maaf om, kepanjangan, semata2 agar teman2 yg lain gak mengalami musibah yang saya alami, semoga bermanfaat

    • Hahahaha…
      Gak masalah kalau kepanjangan. Lha wong cerita diatas
      juga sudah menimpa saya meski saya nggak kena uang.

      Wongé yo campur boso Jowo saat nelpun, dan bahasa Malang’an
      sehingga koyok bener² pernah kenal…
      Telpun tak ladeni aé tapi dia nggak bisa mancing ke “materi”
      berikutnya, soalnya saya nggak ngomong apa² saat ditanya,
      selain…”wah…lali aq”…dan kurang lebih muter² dijawaban itu

      Akhirnya putus dengan sendirinya…

      :mrgreen:

  8. ebuset gile…
    ane juga kena gara2 pasang iklan jual vixion di tokob*gus.com dengan modus yg sama persis…..
    cuma begitu dia conference call saya cabut baterai karena udah pernah denger modus disuruh tekan ini itu di atm dan akhirnya malah trf ke pelaku….
    jadi cabut baterai biar ga telepon2 lagi…
    emang dari sblm berangkat bokap udah ingetin….
    syukur ane kaga kehipnotis omongannya….

  9. saya juga dapat sms seperti itu waktu ngiklan di tkgbs ,,,,untungnya aku langsung curiga jadi ku gak tanggepin

  10. klo saya pernah juga…
    dapat telp (ngakunya)dr xl. .. ..
    yg bikin aneh itu sblum saya angkat.

    di layar hp itu muncul pop up…smacam undian gt… (gebyar hadiah bersama xl klo.g salah)

    P:halo
    s: iya boss ada apa siapa ini?

    P: bla bla. anda mndapatkan hadiah tunai 10jt dan pulsa sebesar 1juta pak..

    S:karna saya sdh paham yg beginian….
    jadi sya jawab to the poin aja.
    gini aja pak…. yg duit 10jt itu ambil aja.. saya g punya rekening…
    kalo pulsanya 50rb aja isikan ke.nomor ini..
    sisanya kasihkan kluarga nya aja…. saya sedekahkan… gimana???

    • ╔══╦═╦═╦══╦═╦═╗
      ║║║║║║║╠╗╔╣║║║║
      ║║║║╦║║║║║║╦║╔╝
      ╚╩╩╩╩╩╩╝╚╝╚╩╩╝
      Ganti kita kerjain ya mas 🙂

  11. adikku juga pernah dapetin tlf kayak gt tapi karena lg santai ya di ladeni aja
    penipu: halo benar ini dengan bla bla bla….?
    adik : iya benar ada apa?
    penipu : anda mendapatkan hadiah dari xl 10 jt, anda punya rekening?
    adik : ha..! 10 jt untuk apa uang 10 jt itu cuma cukup buat bawa kucing angoraku ke salon udah ambil aja…males ke bank lagian cuma 10 jt
    penipu : bapak ini sombong di kasih 10 jt ga mau, bla bla bla (ngomel)
    adik : udah ga papa buat bapak aja ( pura pura dermawan)
    penipu: (marah mrah lalu tutup tlf)

Monggo Opini-nya Bro Sis, Bebas & Sopan Aja :)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: